Tips Cara Melatih Otak Agar Tidak Cepat Lupa


Sering lupa akan sesuatu? Ketika mencari suatu barang, tiba-tiba anda lupa. Misalnya lupa menaruh kunci, lupa password, lupa email, dll. Ada yang bilang “Manusia tempatnya lupa”. Ye memang benar. Tapi alangkah baiknya kita bisa menjaga kesetiaan ingatan kita. Coba saja bayangkan, ketika anda akan ulangan tiba-tiba lupa atau bahkan belajar dari malam tapi tidak bisa mengingat satupun. Kacau kan?
 
Memang semakin bertambah usia, daya ingat otak akan semakin menurun. Semakin tua umur seseorang biasanya mereka akan semakin pelupa. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, ini dapat juga menimpa orang di usia muda atau remaja. Masalah ini dapat dikurangi dengan cara melatih otak sehingga bisa mempertajam ingatan.

Bagian Otak dan Fungsi Otak
Dalam proses mengingat, otak memainkan peranan yang sangat besar. Dalam pembahasan ini, otak terbagi atas dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Fungsi otak kiri berkaitan dengan logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisa, dan untuk ingatan jangka pendek (short term memory). Sedangkan otak kanan kita diguakan untuk kreativitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi dan untuk ingatan jangka panjang (long term memory).

Sesuai penjelasan di atas bahwa otak kanan digunakan untuk ingatan jangka panjang, maka secara otomatis ingatan akan lebih bertahan lama jika kita mengingat menggunakan otak kanan. Namun sayangnya, orang lebih sering menggunakan otak kiri dalam proses mengingat. Untuk dapat mengingat dengan baik, perlu melatih otak agar berfungsi dengan optimal.

Otak kiri kebanyakan orang lebih berkembang tanpa diimbangi perkembangan otak kanan. Karena otak kiri merupakan ingatan jangka pendek, maka informasi yang disimpan di otak kiri akan lebih mudah terlupakan.

Jika ingin menyimpan dalam otak kanan, informasi harus diubah menjadi cerita atau gambar. Karena otak kanan tidak mengenal tulisan atau angka. Latihan diperlukan agar dapat mengembangkan otak kanan. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.

Untuk mengetahui beberapa teknik melatih otak kanan, silakan baca artikel selanjutnya di sini!

No comments:

Post a Comment