Inilah 6 Tips Jitu Dalam Memakai Laptop Agar Tidak Mudah Rusak




Laptop adalah salah satu produk teknologi masa kini.Benda ini adalah perkembangan dari komputer yang biasa ditaruh di  meja.Laptopadalah komputer yang berukuran lebih kecil dan bisa dilipat.Kelebihan utama laptop adalah bisa dibawa-bawa ke berbagai tempat.Hal tersebut yang membuat banyak orang zaman sekarang yang membeli laptop misalnya kalangan guru,pegawai dan pelajar.

Namun banyak yang masih salah dalam menggunakan laptop.Hal ini berdampak pada keawetan barang ini.Jika dipakai dengan cara yang salah bukan tidak mungkin akan keluar masuk tempat service untuk memperbaikinya atau bahkan rusak permanen.Untuk itu marilah kita cari tahu bagaiamana cara menggunakan laptop yang benar


1.Jangan ditaruh di kasur
Banyak orang yang memanfaatkan laptop untuk dimainkan di berbagai tempat.Namun ada beberapa tempat yang tidak dianjurkan.Salah satunya adalah kasur.Kasur adalah benda empuk.Akibatnya lubang angin di laltop bisa tertutup sebagian atau seluruhnya.Hal ini berpengaruh pada proses pendinginan di dalam laptop .Kalau dibiarkan panas laptop bisa cepat rusak.

2.Pakai di permukaan yang datar
di dalam laptop ada komponen yang di desain bekerja pada permukaan datar.Jadi usahakan agar saat memakai  laptop,permukaan bawah laptop tidak miring.


3.Pakailah pelapis keyboard

Keyboard laptop biasanya mudah kotor akibat ulah pemakainya.Biasanya pemakai menggunakan laptop sambil makan cemilan.Akibatnya banyak kotoran masuk.Untuk lebih amannya pakailah pelindung keyboard yang berubah lapisan silikon yang tembus pandang.


4.Hindari menyimpan di tempat panas
Laptop sangat mudah rusak jika terlalu lama dalam keadaan panas.Oleh karena itu hindari menyimpan di tempat yang panas,misalnya di dalam mobil yang berada di terik matahari.Sebaiknya bawalah laptop keluar dari mobil.

5.Jangan taruh minuman di dekat laptop
Kadang pemakai ceroboh membawa minuman di dekat laptop.Mungkin beberapa kali tidak terjadi apa-apa namun suatu saat bisa saja minuman itu tumpah ke laptop akibat tidak sengaja.Laptop yang terkena air biasanya rusak berat bahkan rusak permanen.

6.Hindari penggunaan laptop dalam waktu lama
Laptop tidak di desain sekuat komputer meja.Jika komputer meja bisa aman-aman saja di pakai berjam-jam ,beda halnya dengan laptop.Lebih baik gunakan laptop kurang dari 3 jam.Hal itu untuk menghindari panas berlebihan di dalam laptop.Cara yang bisa dilakukan jika butuh menggunakan laptop dalam waku lama adalah dengan mematikan tiap 1 jam selama 10 menit.Setelah itu kalian bisa nyalakan kembali.

No comments:

Post a Comment