Metode atau Teknik Melatih Otak Untuk Mempertajam Ingatan


Seperti yang sudah dijabarkan di artikel sebelumnya bahwa ada beberapa metode atau teknik untuk melatih otak agar ingatan kita bisa bertahan lama.

Teknik pertama, Total Story Technique (TST). Teknik ini dilakukan dengan cara membuat cerita singkat dari hal-hal yang akan kita hafalkan. Contoh sederhananya kita akan berbelanja di sebuah toko. Kita disuruh membeli beras, shampo, susu, permen karet, pembersih lantai, telur, kecap, keju, saos tomat, tisu. Nah, kita hafalkan benda-benda yang akan kita beli dengan cara menyusun sebuah cerita yang berisi semua benda tersebut.

Misalnya, Dewi Sri (merupakan legenda dewi padi yang menggambarkan beras) sedang keramas (shampo) sambil mandi susu. Sedangkan di luar, si Mbok yang sedang mengunyah permen karet sambil mengepel (permbersih lantai) sudah menyiapkan telur rasa kecap bertabur keju dan saos tomat yang lembut seperti tisu.

Agar bisa efektif, cerita tersebut harus benar-benar divisualisasikan dan dibayangkan. Kembangkan imajinasi Anda dengan menambahkan warna, bunyi, benda-benda pendukung dan gerak pada cerita tersebut. Misalnya, bayangkan tempat mandi berwarna pink tempat Dewi Sri mandi susu, bayangkan si Mbok yang sudah tua dan memakai kebaya abu-abu sedang mengepel halaman, dengarkan suara kunyahan permen karet di mulutnya, dan seterusnya. Jadikan bayangan itu senyata mungkin di hadapan Anda.

Teknik kedua disebut Total Word Technique (TWT). Teknik ini membantu kita mengingat sesuatu atau informasi dengan cara mengubahnya menjadi singkatan yang mudah diingat atau jika informasi yang akan diingat merupakan kata-kata asing, dapat diubah menjadi kata-kata yang kedengarannya hampir sama. Teknik ini sering juga disebut dengan istilah jembatan keledai. Setelah itu, baru dibuat cerita agar dapat diterima oleh otak kanan.

Misalnya, ketika harus menghafal 8 planet mulai dari yang terdekat matahari. Urutannya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Jika menghafalnya terasa sulit, bisa diubah menjadi kalimat "Mengendarai Vespa bersama Budi, Maka Junaedi Sanggup Urus Nenek".

Kalimat tersebut menggunakan beberapa huruf depan atau suku kata pertama dari urutan planet yang ingin diingat. Mengendarai untuk mengingat Merkurius, Vespa untuk Venus, Budi untuk Bumi, Maka untuk Mars, Junaedi untuk Jupiter, Sanggup untuk Saturnus, Urus untuk Uranus, Nenek untuk Neptunus. Dengan membayangkan tokoh-tokoh dan yang sedang dilakukan, Anda dapat lebih mengingatnya.

Teknik ketiga, Total Number Technique (TNT). Teknik ini digunakan untuk mengingat angka-angka. Dikarenakan otak kanan tidak mengenal angka atau tulisan, maka kita perlu membuat cerita atau mengubah angka tersebut menjadi sebuah cerita agar dapat dikenali otak kanan. Misalnya, Anda harus mengingat angka 212.007.217.082.104. Anda dapat mengubahnya menjadi cerita seperti Wiro Sableng (212) dan James Bond (007), keduanya (2) sedang mengikuti upacara kemerdekaan (1708) pada hari kartini (2104).

Tapi tidak semua kombinasi angka semudah yang saya tuliskan di atas. Angka di atas memang sudah dirancang. Oleh karena itu, anda dapat berlatih untuk membuat cerita sendiri dengan mengubahnya menjadi kode yang dapat diterima oleh otak kanan yaitu dalam kode bentuk ataupun bunyi. Anda dapat mengubah angka menjadi kode bentuk atau bunyi seperti berikut:
Angka
Kode Bentuk
Kode Bunyi
0
Telur
Gosong
1
Tongkat
Sepatu
2
Bebek
Tua
3
Telinga
Ertiga
4
Perahu Layar
Ketupat
5
Perut Gendut
Delima
6
Cerutu
Gangnam
7
Cangkul
Baju
8
Kacamata
Papan
9
Raket
Jalan
Kode bentuk dan kode bunyi juga dapat diciptakan sendiri sesuai kreativitas Anda. Sekarang misalnya Anda harus mengingat password 289154, dapat diubah menjadi kalimat:
Mengingat dengan Kode Bentuk
Bebek (2) berKacamata (8) memegang Raket (9) yang mirip Tongkat (1) untuk memukul si Perut Gendut (5) di Perahu Layar (4)
Mengingat dengan Kode Bunyi
Kakek tua (2) membeli papan (8) di seberang jalan (9). Di dekat toko sepatu (1), kakek membeli delima (5) dan ketupat (4).

Beberapa metode mengingat yang dipaparkan di atas hanya beberapa contoh teknik untuk mengingat secara mudah menggunakan otak kanan. Masih ada banyak metode lainnya. Dengan metode mengingat, anda akan terpacu untuk terus kreatif dalam menciptakan cerita singkat, membayangkan dan mengimajinasikannya.

Jika Anda sudah mencoba mengingat dengan metode-metode tersebut, kemudian menyimpan informasi di otak kanan, informasi tidak akan cepat hilang atau terlupakan dan ini juga bisa membantu mengoptimalkan otak serta membantu daya ingat Anda. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment