Cara Memelihara Kesehatan dan Kecantikan Wajah dengan Alpukat

Siapa tak tahu alpukat? Mungkin kebanyakan diantara kalian suka mengkonsumsi buah yang satu ini. Kalau saya sih suka kalau dibuat juice (baca : jus). Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau Persea americana adalah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia, termasuk Indonesia.

Struktur fisik pohon yaitu memiliki batang dengan tinggi mencapai 20 m dan memiliki daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi, warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya pun bervariasi yaitu dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan berat (massa) 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Untuk setiap 100 gram buah alpukat segar, mengandung Kalori 85,00 kal; Protein 0,90 g; Lemak 6,50 g; Karbohidrat 7,70 g; Kalsium (Ca) 10,00 mg; Fosfor (P) 20,00 mg; Zat Besi (Fe) 0,90 mg; Vitamin A 180,00 S.I.; Vitamin B1 0,05 mg; Vitamin C 13,00 mg; Air 84,30 mg; Serat 1,40 g; bagian dapat dimakan 61,00%

Manfaat Buah Alpukat untuk kecantikan
1. Untuk mata yang bengkak
Cara membuatnya, ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.

2. Untuk Masker wajah.
Cara membuatnya, potong alpukat menjadi dua bagian. Kemudian blender 1/2 bagian, tambahkan madu sebanyak 1/4 cangkir. Oleskan dan ratakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini sangat cocok untuk kulit wajah kering.

3. Rambut lembut dan bersinar.
Cara membuatnya, campurkan sepotong alpukat (1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner seperti biasa.

4. Tangan halus dan lembut.
Cara membuatnya sangat mudah. Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Faktanya, Alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan  bisa dijadikan masker wajah untuk melembabkan kulit, sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering.
Cara membuat dan menggunakannya, hancurkan daging buah alpukat. Oleskan pada wajah selama 30 menit. Kemudian bilas dengan kapas dan air hangat untuk membersihkan masker dari wajah.

Demikian tips cara manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan.

No comments:

Post a Comment