Tips Agar Tidak Mudah Stres Menjalani Hidup



Menjalani hidup ini memaang ada naik turunnya.Kadang diatas kadang dibawah.Tidak ada manusia yang bahagia terus-menerus dari bayi hingga mati.Pasti akan ada permasalahan hidup yang membuatnya sedih ,marah,kesal dan lainnya.Untuk itu kita harus siap menjalaninya apapun keadaannya.Entah sedang di atas dan bahagia atau sedang di bawah dan menderita.

Namun kadang orang-orang tidak bisa menerima penderitaannya.Akibatnya akan membawa dirinya ke dalam masalah kejiwaan.Biasanya keadaan tersebut disebut stres.Stres adalah saat orang tidak bisa berpikir dengan jernih.Misalnya selalu diselimuti rasa khawatir,takut,tidak menerima,kesal dan lainnya.Stres yang berkepanjangan bisa membuat orang menjadi gila ,karena dia lupa cara berpikir dengan normal.



1.Bersyukur

Mungkin permasalahan hidup yang kalian alami sangat berat.Namun tidak perlu merasa menjadi orang yang paling menderita,karena diluar sana banyak oraang yang paling menderita.Bersukur pada Allah telah memberikan banyak nikmat.Di dunia ini,manusia mendapat takdir yang berbeda-beda,namun Allah pasti telah mengukurnya.Misal orang miskin punya permasalahannya sendiri,orang kaya juga punya masalah sendiri.

2.Jangan Berfikir Diluar Waktunya

Kadang-kadang kita berfikir diluar waktu yang tepat.Misalnya saja saat setelah ujian.Kadang diantara kita ada yang khawatir bagaimana hasilnya . Kalau itu terjadi tanyakan pada diri sendiri apakah khawatir akan mengubah hasil ?.Jawabnya pasti "Tidak". Oleh karena itu berhentilah memikirkan masalah itu dan serahkan pada Allah.

3.Selasaikan Masalah Jangan Ditunda

Maslah besar bisa jadi berasal dari masalah kecil yang ditunda.Oleh karena itu jangan tunda untuk menyelesaikan masalah selagi masalah itu masih kecil .

4.Cari Pengalihan Disaat Yang Tepat

Jika kalian terlalu memikirkan sesuatu hingga membuat kalian stres carilah oengalihan lain.Misalnya saja dengan rekereasi bersama teman.Selain itu bisa dengan melakukan hobi yang disukai.Denga begitu pikiran tidak terbebani terus menerus.Tapi perlu diingat pengalihan bukan untuk menunda menyelesaikan masalah.Seperti yang ada di poin 3 selesaikan masalah selagi masalah itu masih kecil.

5.Jangan Terlalu Memikirkan Sesuatu Yang Diinginkan

Memiliki keinginan kuat memang tidak salah malah sangat bagus.Namun kadang keinginan tersebut bisa membuat seseorang menjadi stres akibat terlalu sering memikirkannya.Jika kalian menginginkan sesuatu mulalilah fokus ke langkah-langkah mencapainya.Jadi jangan fokus ke tujuannya.Ibarat tangga kita harus memperhatikan satu persatu anak tangga ,bukan fokus melihat keatas.



No comments:

Post a Comment