Apa Itu Redenominasi ,Tujuan Dan Contoh Uangnya

Siapa yang pernaah mendengar istilah redenominasi ? Istilah itu mulai muncul sekitar dua tahun terakhir.Rencananya pemerintah akan segera melakukan redenominasi mata uang rupiah.Sebenarnya apa itu redenominasi ?


Redenominasi adalah tindakan pemerintah untuk mengurangi jumlah nominal yang tertera pada uang.Redenominasi beda dengan pengurangan nilai uang .Contoh redenominasi adalah uang Rp 100.000 akan tertulis Rp 100 saja namun tetap memiliki nilai awal yaitu Rp 100.000 dan tetap bisa membeli barang senilai Rp100.000.Intinya yang berubah hanyalah jumlah angka di uang.Contohnya sebagai berikut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-dwfhOwftNu_jLi7aX8IBHvEY7hOmYU28ExTGvPsmeD3KGgh-kb8vYzaKECMxffbWiuT4G9LVtRaQm9Ic_mnrM2iRnalViXC9IXToOlLM9QEL81ryOurRzwsvfEejhH5f5gU1tjdaZzjM/s1600/rp+redenominasi.jpg


Tujuan redenominasi adalah untuk menyederhanakan penghitungan uang.Jika jumlah nol di uang semakin sedikit diharapkan akan lebih sederhana dalam berbagai proses yang berkaitan dengan uang.Selain itu agar rupiah bisa terlihat lebih kuat di kurs mata uang dunia.

No comments:

Post a Comment