Inilah Alasan Kenapa Harga BBM Dinaikkan Pemerintah

http://2.bp.blogspot.com/-MQnMDpKUaPM/UZJffRB5vlI/AAAAAAAAVKQ/kqmjuVFA1Mw/s400/BBM-Naik-euy.jpg

Hampir setiap tahun belakangan ini selalu saja muncul permasalahan tentang BBM.Siapa yang belum pernah mendengar atau melihat berita tentang harga BBM naik? Nyaris semua orang di Indonesia terbiasa tentang berita itu.Walaupun ini sudah menjadi masalah rutin pemerintah namun sampai sekarang sepertinya belum akan berhenti permasalahan ini.


Sebenarnya apa alasan harga BBM harus dinaikkan oleh pemerintah? Sebenarnya pemerintah menaikkan harga BBM karena terpaksa.Keadaan tertentu membuat harga BBM harus naik .Jika tidak akan mengganggu ekonomi negara.Nah apa saja alasan yang membuat pemerintah harus menaikkan harga BBM ? berikut ini daftarnya


1.Harga Minyak Dunia Naik
Walaupun kita bisa menghasilkan minyak sendiri namun jumlahnya tidak mencukupi untuk konsumsi penduduk Indonesia.Pemerintah terpaksa impor dari luar negeri.Akibatnya harga tergantung dari harga minyak dunia.Walaupun begitu sebenarnya pemerintah sudah memberi subsidi.Jadi harga yang ada di masyarakat sebagian sudah dikurangi oleh pemerintah.Namun jika harga minyak dunia naik drastis,maka mau tidak mau pemerintah harus menaikkan.

2.Cadangan Menipis
Konsumsi BBM sebenarnya dijatah oleh pemerintah.Jadi misalnya dalam jangka waktu tertentu tidak boleh menghabiskan lebih dari sekian juta liter.Namun jika konsumsi meningkat dan cadangan menipis maka harus harga dinaikkan agar tidak cepat habis.Alasan utama melonjaknya kebutuhan BBM karena pertumbuhan kendaraan pribadi.

3.Anggaran Subsidi Dipergunakan Untuk Hal Lain
Kita tahu BBM kita termasuk yang termurah di ASEAN.( Vietnam (RON 92) Rp 15.553; Laos Rp 13.396; Kamboja Rp 13.298; dan Myanmar Rp 10.340. data tahun 2013) . Tentu saja alasan harga BBM kita bisa murah karena dikurangi alias disubsidi oleh pemerintah.Akibatnya biaya tersedot untuk subsidi.Padahal uang tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang mungkin lebih bermanfaat,misal pembangunan bahan bakar alternatif.


4.Rupiah Melemah
Sebagian besar BBM yang ada di Indonesia adalah hasil dari impor.Akibatnya kurs rupiah ke dollar Amerika Serikat juga berpengaruh terhadap harga BBM.Misalkan saja saat ini 1 dollar AS sama dengan 12.000 rupiah,tentu saja butuh lebih banyak uang untuk membeli BBM dan berpotensi mengurangi kas negara.


No comments:

Post a Comment