Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ penting dan vital. Mata yang sehat dan normal membuat kita bisa menikmati dan melihat indahnya dunia ini. Dan mata adalah anugerah dari Tuhan. Jadi, kita harus senantiasa memelihara atau menjaganya.

Sudah sangat sering kita dengar bahwa banyak penyakit mata yang menghantui kita. Yang paling sering atau umum adalah miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna atau tidak dapat melihat berbagai macam warna, dan lain sebagainya. Tentu kita tidak ingin satupun dari penyakit mata itu menyerang mata kita. Benar kan?

Maka dari itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata kita. Caranya? Berikut tips atau cara menjaga kesehatan mata kita.

  1. Riwayat kesehatan mata keluarga
Cek dan tanyakan kepada keluarga anda (orang tua). Apakah orang tua anda memiliki penyakit mata keturunan. Karena hal ini bisa juga menentukan anda, apakah anda beresiko tinggi atau tidak terkena penyakit mata.

  1. Jaga jarak pandang
Jarak pandang terhadap suatu objek sangat berpengaruh, terutama alat elektronik seperti televisi, handphone, laptop, dll. Kita harus menjaga jarak pandang kita, yaitu di batas normalnya. Jangan terlalu dekat ataupun terlalu jauh. Misalnya ketika di depan komputer atau TV, usahakan jarak pandang anda ideal yaitu sekitar 50-100cm. Sedangkan ketika membaca buku, jarak pandang idealnya sekitar 30cm.

  1. Hindari kebiasaan mengucek mata
Pernah merasakan gatal di mata? Bagi yang pernah atau bahkan sering, mulai sekarang jangan lakukan hal ini lagi. Kenapa? Karena ketika tangan anda kotor setelah memegang sesuatu, bisa saja menginfeksi organ mata anda yang bisa berakibat sangat buruk bagi kesehatan mata.

  1. Beri waktu istirahat untuk mata
Jangan pernah anda memaksakan kehendak ataupun keinginan anda. Apalagi kepada mata anda. Mata juga butuh istirahat. Jika anda terlalu lama memandang atau membaca sesuatu, lama kelamaan mata anda akan terasa sakit. Jadi, istirahatkanlah mata anda sejenak.

  1. Makan makanan yang mengandung vitamin A
Vitamin A adalah penting untuk kesehatan mata kita. Makanan yang mengandung vitamin A misalnya wortel. Selain mengandung vitamin A, wortel juga mengandung beta karoten yang juga berfungsi menjaga kesehatan mata anda.

  1. Berhenti merokok
Untuk anda yang gemar meniup asap, alias merokok, usahakan untuk menghentikan kebiasaan ini. Karena bisa berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.

  1. Gunakan pelindung mata
Pelindung mata contohnya yaitu kacamata. Kita bisa menggunakan kacamata untuk melindungi mata kita dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika beraktivitas. Misalnya, debu, kotoran, dan lain sebagainya.

  1. Periksakan mata
Periksakan mata anda secara rutin agar terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.


Itulah sedikit informasi tips dan cara menjaga kesehatan mata kita. Semoga bermanfaat. Jagalah mata kita agar kita bisa tetap menikmati indahnya dunia.

No comments:

Post a Comment