Tips Berpuasa Hindari Tidur Setelah Sahur

Nabi Muhammad SAW telah menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk tidak tidur setelah makan sahur. Bahkan hal ini sangat dilarang oleh beliau. Kenapa? Karena bisa membawa dampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Ini bukan hayalan atau ocehan semata, tapi sudah dibuktikan oleh penelitian medis modern. Banyak penelitian sudah menyebutkan dan membuktikannya.

Berikut ini dampak buruk jika tidur setelah makan sahur :
  1. Perut Menjadi Buncit
Tidur setelah makan menyebabkan proses pembakaran tidak terjadi, karena tubuh berusaha menghemat energi. Sehingga lemak akan mudah tertimbun di dalam perut yang menyebabkan buncit. Ingin perut kalian buncit? Tentu tidak ‘kan? Saya pun tidak ingin hal itu terjadi pada diri saya. Oleh karena itu, jangan tidur setelah makan sahur.

Ini mungkin sejalan dengan pemikiran orang-orang dulu. Katanya kalau ingin menggemukkan badan caranya dengan makan kemudian tidur. Begitu terus. Tapi, kalau difikir-fikir mungkin caranya tidak tepat ya. Kenapa? Kan bisa jadi gemuk? Nah, makanya baca dulu bagian di bawah ini. Karena ada dampak lain yang menurut saya mengerikan.

  1. Menyebabkan Refluks
Apa itu Refluks? Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mengalaminya. Refluks merupakan proses berbalik dari lambung ke kerongkongan akibat Gravitasi yang berubah saat tidur. Umumnya karena makanan yang termakan belum tercerna sepenuhnya. Sehingga asam lambung naik dan melukai kerongkongan. Luka tersebut terasa panas dan membuat mulut terasa pahit. Kalau diperhatikan mungkin seperti akan muntah, tapi tidak sampai termuntah. Hanya sampai kerongkongan. Jadi kerongkongan kita terluka akibat asam lambung.

  1. Gangguan Pencernaan
Dalam keadaan normal, isi lambung akan kembali kosong sekitar 2 jam setelah makan. Tapi jika kalian segera tidur setelah sahur, maka terhambatlah proses tersebut. Dan bisa mengakibatkan munculnya sembelit atau mencret, tergantung makanan yang dimakan.

  1. Beresiko Stroke
Sebuah penelitian menyatakan bahwa semakin lama jeda antara tidur dan makan bisa memperkecil risiko stroke.


Nah, masih mau tidur setelah makan sahur? Kalau saya tentu tidak. Lebih baik dimanfaatkan untuk ke Masjid shalat subuh, kemudian olahraga ringan. InsyaAllah sehat.

No comments:

Post a Comment