Manfaat dan Hikmah Puasa Untuk Kesehatan Tubuh


Puasa adalah salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam. Baik puasa ramadhan maupun puasa yang lain. Jika dilihat dari sisi agama, puasa akan mendatangkan pahala yang tiada tara. Ternyata eh ternyata, bukan hanya pahala yang bisa kita dapatkan dengan berpuasa. Manfaat puasa bisa kita rasakan dari segi kesehatan. Ini bukan sekedar hisapan jempol belaka lho. Ini sudah diteliti oleh ahli dalam bidang kesehatan dan sudah dibuktikan secara ilmiah.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Sebelumnya, mungkin ada yang bertanya-tanya. Kenapa juga kita harus tahu manfaatnya? Wah, kalau ada yang tanya kayak gini ya sungguh terlalu. Hehe. Jelas kita harus tahu manfaatnya. Karena setelah kita mengetahui manfaatnya, kita pasti akan lebih termotivasi untuk menjalankan puasa, bahkan sampai ke puasa sunnah juga. Subhanallah.

Yang pertama, bisa mempertajam pikiran dan kreatif. Kok bisa? Simak alasannya! Puasa menjadikan pikiran lebih tenang dan melambat. Lho, kok melambat. Ini ada fakta uniknya. Menurut penelitian, ternyata pikiran yang melambat justru membuatnya bekerja lebih tajam. Selain itu, rasa lapar juga bisa memaksa kita untuk berpikir lebih tajam dan kreatif.

Yang kedua, puasa baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tahukah kalian ada fakta bahwa penyakit jantung adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena telah membunuh banyak orang. Nah, dengan berpuasa, kita secara otomatis membantu meningkatkan kesehatan jantung. Jadi akan terhindar dari resiko serangan jantung dan pembuluh darah.

Yang ketiga, bisa mencegah berbagai penyakit kronis. Untuk yang satu ini, berhubungan dengan psikologi seseorang. Dengan berpuasa, orang akan menahan lapar, haus, serta amarah. Dalam keadaan ini, psikologi seseorang akan semakin tenang sehingga kadar adrenalin akan menurun sehingga bisa mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang merupakan faktor atau tanda timbulnya penyakit kronis.

Sebenarnya masih banyak manfaatnya. Tapi sayang sungguh sayang saya tidak bisa menjelaskannya satu per satu. Tapi, saya akan tetap menyebutkan beberapa diantaranya, yaitu mencegah obesitas, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan ginjal, mencegah diabetes, dan lain-lain.

Banyak sekali manfaatnya dalam bidang kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Mari tingkatkan puasa kita, bahkan kalau bisa sampai ke puasa sunnah juga. InsyaAllah akan memberi manfaat yang baik.

Tapi, pesan saya, jangan puasa karena berniat ingin mendapatkan kesehatan. Tapi, berpuasalah dengan niat mencari ridho Allah. Maka, kesehatan itu akan mengikuti dengan sendirinya. Sekian, terimakasih.

No comments:

Post a Comment