Penyebab Perut Terasa Lapar Meskipun Sudah Makan

Orang yang sedang diet tentu harus tetap merasa kenyang sampai waktu makan tiba. Rasa lapar yang terus menerus menyerang sangat tidak baik untuk orang yang sedang diet dan juga bagi kesehatan. Nah, kali ini akan kami paparkan beberapa penyebab perut selalu atau terus menerus merasa lapar meskipun asupan energi telah terpenuhi.

Berikut adalah penyebab orang merasa lapar dan bedakan juga rasa lapar yang sesungguhnya dan lapar sesaat:
1. Kurang tidur dan/atau kualitas tidur yang kurang baik
Kalian pasti pernah merasakan. Ketika tidur kita nyenyak, maka ketika bangun tidur badan kita akan terasa segar dan sehat. Iya kan? Lain halnya jika kita kurang tidur atau tidur kita tidak nyenyak. Pasti ketika bangun merasa lemas dan ini akan memicu rasa lapar yang berlebih. Maka dari itu, atur waktu tidur kalian pada malam hari yaitu minimal 8 jam. Untuk meningkatkan kualitas tidur, coba cari di google mengenai makanan yang bisa membuat tidur kita nyenyak.

2. Mengkonsumsi obat-obatan
Obat antibiotik penghilang alergi, pereda nyeri dan penyembuh jerawat ternyata bisa menjadi penyebab lapar. Kok bisa? Karena obat-obatan ini mengandung steroid ringan seperti prednisone atau corticosteroid yang bisa memicu rasa lapar berlebihan.
Tips : Jika anda sudah makan sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini, sebaiknya abaikan rasa lapar yang timbul sesudahnya.

3. Dehidrasi
Dehidrasi adalah proses membuang molekul air dr hablur atau senyawa atau reaksi kimia (sumber kamus besar bahasa Indonesia). Untuk pengertian singkatnya, dehidrasi adalah kehilangan cairan tubuh (sumber kamus besar bahasa indonesia).
Ketika kita kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, mulut akan terasa kering dan tubuh menjadi lemas tak berdaya. Akibatnya rasa lapar datang menghantui kita dan kita pun bisa tergoda untuk mengkonsumsi makanan.
Tips : Cobalah minum air putih atau teh herbal sebelum makan, jika rasa lapar hilang berarti anda hanya membutuhkan cairan.

4. Selesai olahraga
Setelah menjalani olahraga berat, tubuh akan kehabisan energi sehingga rasa lapar datang. Namun ini bukan pertanda tubuh Anda memerlukan kalori ekstra, Anda hanya membutuhkan nutrisi yang lebih spesifik setelah olahraga.

5. Melihat orang makan
Nah, ini dia. Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mengalaminya. Ketika ada teman yang makan di dekat Anda, Anda pun akan tergoda untuk ikut makan bersama. Jika Anda sudah makan, sebaiknya jauhilah orang yang sedang makan agar tidak tergoda sehingga Anda terbebas dari rasa lapar yang berlebih. Dalam bahasa jawa disebut “kepingin”.

6. Melihat atau menghirup aroma makanan
Pernahkah suatu ketika kalian menonton tayangan di televisi yang menayangkan resep-resep makanan. Hal ini bisa memicu rasa lapar kita dan akhirnya kita pun tergoda untuk makan. Hal ini juga terjadi ketika kita mencium aroma makanan yang tidak sengaja lewat depan hidung kita.
Tips : Ganti channel tv anda atau segera beranjak pergi dari acara demo masak.

7. Stress
Stress atau tertekannya fikiran kita bisa memicu obesitas. Karena orang yang sedang stress atau tertekan cenderung ingin terus makan dengan tujuan menghilangkah stressnya. Tipsnya, jangan terburu-buru mengambil makanan, alangkah baiknya anda menjernihkan pikiran sejenak atau pakai untuk istirahat saja. Atau bisa juga dengan kegiatan lainnya yang bisa menghilangkah stress anda.


Nah, sekarang sudah tahu kan? Berhati-hatilah saat diet. Jangan sampai tergoda untuk makan.

No comments:

Post a Comment