Tips Cara Mengatasi Jerawat dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Jerawat adalah masalah umum yang dihadapi oleh remaja. Biasanya terjadi pada remaja usia produktif. Untuk laki-laki biasanya setelah di sunat atau di khitan. Bahkan ada penelitian dari Kligmann yang memberikan pendapat bahwa “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”.

Namun, meskipun umum, jangan dianggap remeh tumbuhnya jerawat. Dari sisi psikologis, jerawat bisa mengakibatkan orang kurang percaya diri. Dari sisi kesehatan, jerawat yang tumbuh banyak dan besar bisa berbahaya untuk kesehatan.

Biasanya kita sering menggunakan produk-produk dari pabrik untuk menghilangkan jerawat. Ya boleh-boleh saja. Tapi di sini saya akan berbagi sebuah tips atau cara menghilangkan jerawat secara alami yaitu menggunakan jeruk nipis.

Namun, sebelumnya kita bahas dulu apa itu jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan stress.
Nah, salah satu solusi alami untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan jeruk nipis. Cara membuatnya pun cukup sederhana. Berikut ini langkah-langkah membuat dan menggunakan masker dari jeruk nipis untuk perawatan wajah.
  1. Peras jeruk nipis untuk mendapatkan airnya.
  2. Tambahkan madu pada perasan air jeruk nipis dengan perbandingan 1:1.
  3. Oleskan pada wajah dan biarkan selam 30 menit.
  4. Cuci wajah dengan air hangat.
  5. Dapat digunakan setiap hari untuk menghilangkan jerawat.

Sebelum menggunakan masker pada wajah, jangan lupa untuk mencuci atau membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda dapat juga mambasuh atau menguapkan wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka dan mampu meresap nutrisi dari masker. Seetelah selesai dan sudah dibersihkan dengan air hangat, basuh wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.


Demikian tips yang cukup mudah untuk dilakukan dalam mengatasi permasalahan jerawat.


No comments:

Post a Comment