Sahur dan Berbuka, Harus Menghindari Makanan Ini!


Sebelumnya saya mau mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Kali ini saya ingin meng-share sebuah tulisan yang bertemakan sesuai dengan bulan ini, yaitu puasa.

Ketika menjalani ibadah puasa, terutama di bulan Ramadhan ini, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Karena sejak imsak sampai ngabuburit kita tidak diperbolehkan memakan dan meminum apapun. Karena itu juga, senantiasa kita harus menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit dan kuat menjalankan ibadah puasa sampai puasa terakhir nanti.

Salah satu hal yang penting yang berhubungan dengan menjaga kesehatan tubuh ketika puasa adalah memilih makanan. Makanan yang seperti apa? Makanan yang sehat dong. Nah, diantara makanan-makanan yang ada, kita harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu.

Yang pertama, hindari makanan yang mengandung gas dan fosfat. Kenapa? Karena itu bisa menyebabkan gangguan perut dan membuat lambung kita menjadi tidak nyaman. Kalau kejadian kayak gitu, puasa kita bisa bisa terganggu. Makanya hindari makanan yang mengandung gas dan fosfat.

Yang kedua, hindari makanan berlemak. Misalnya pisang goreng, tempe goreng, bakwan, dan lain-lain. Wah, enak-enak tuh. Hehe. Makanan ini harus dihindari terutama yang punya penyakit maag. Karena berpotensi menyebabkan gangguan lambung.

Yang ketiga, hindari mie instant. Wah, kalau ini saya baru tahu lho. Padahal sebelumnya saya juga sering banget makan mie instan ketika sahur dan buka puasa. Ternyata mie instan juga bisa menimbulkan efek yang tidak baik lho. Misalnya kembung, mual, dan muntah.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Eitss.. Masih ada tambahan sedikit lagi. Berikut ini daftar atau contoh makanan atau minuman yang harus dihindari ketika sahur maupun berbuka puasa.
1. Makanan yang memacu atau merangsang produksi asam di lambung, seperti kopi, sari buah sitrus, susu full krim.

2. Makanan yang mengandung gas. Misalnya ubi, sawi, kol, minuman bersoda, coklat, dan pisang ambon, dll. Sebenarnya makanan ini boleh dikonsumsi, dengan catatan tidak berlebihan, karena jika berlebihan akan mengakibatkan kembung.

3. Makanan yang mengandung lemak dengan kadar tinggi, seperti jeroan, santan dan daging berlemak. Kenapa? Karena makanan ini cenderung sulit dicerna dan dapat menyebabkan gangguan pada lambung.

4. Makanan dengan kadar gula tinggi, seperti kolak, es buah, coklat, es teller, kue (cake), dll. Larangan ini terutama untuk yang menderita penyakit diabetes.

Itulah sedikit info daftar menu makanan atau minuman yang seharusnya tidak boleh atau sebaiknya dihindari ketika sahur dan berbuka puasa.

No comments:

Post a Comment