Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Ilmiah


Siapa yang kurus? Kerempeng? Ayo angkat tangan. Wah, cukup banyak juga ya. Oke-oke. Nasib kalian sama dengan saya. Saya juga kurus. Sudah sejak lama saya mendambakan tubuh ideal dengan menambah berat badan saya. Tapi, semuanya belum berhasil.

Mencari dan mencari. Akhirnya ketemu dengan satu artikel menarik mengenai cara menaikkan berat badan secara alami dan ilmiah. Langsung saya tertarik deh. Dan sekarang saya akan bagikan kepada anda sedikit ulasannya.

Kenapa ingin menambah berat badan? Karena kita kurus. Kenapa kalau kurus? Kita jadi kurang percaya diri. Betul? Ya betul. Maka dari itu, mari kita pelajari bersama tips menambah berat badan secara alami dan ilmiah.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk memiliki tubuh ideal adalah pola makan dan asupan makanan yang harus dikonsumsi agar mencukupi semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Berikut adalah beberapa asupan yang diperlukan untuk memiliki berat badan ideal :
Protein
Protein diperlukan untuk membentuk otot-otot dalam tubuh. Protein adalah makanan bagi otot untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Protein ada dua macam, hewani dan nabati. Sumber protein hewani bisa didapat dari daging, ikan dan telur. Sedangkan sumber protein nabati bisa berasal dari kacang-kacangan, seperti kacang tanah dan kedelai.
Karbohidrat
Karbohidrat adalah makanan utama yang harus ada dan diperhatikan. Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari beras (nasi), ubi, gandum, maupun jagung. Sebaiknya cukupi kebutuhan karbohidrat agar dapat menambah berat badan dengan cepat.
Lemak
Lemak juga dibutuhkan untuk menambah berat badan. Tapi harus ingat! Lemak yang sehat, bukan lemak jahat. Darimana kita mendapatkan lemak sehat? Lemak sehat bisa kita dapatkan dari ikan seperti salmon, sarden, makarel, dll.

Sekarang kita bahas sedikit tips menambah berat badan secara alami dan ilmiah.
1. Perbanyak Frekuensi Makan
Perbanyak frekuensi makan lima sampai enam kali sehari dengan porsi sedang. Dibanding makan tiga kali sehari dengan porsi besar, makan lebih sering lebih ampuh dalam menaikkan berat badan. Jika makan lebih sering, kalori akan terbakar dan menjadi massa otot bukannya menjadi lemak.
2. Hindari junkfood
Junkfood merupakan hal yang buruk jika Anda menginginkan badan yang berisi. Junkfood tidak akan membuat bobot tubuh naik malah beresiko menimbulkan penyakit. Anda akan beresiko terserang penyakit jantung karena kadar kolesterol jahat di darah tinggi. Junk food mengandung sedikit kalori dan banyak lemak.
3. Jangan minum sebelum makan
Sebaiknya hindari minum sebelum makan karena akan membuat perut terasa kenyang. Dengan minum sebelum makan perut akan terisi air sehingga ketika makan hanya akan menghabiskan makanan dengan porsi yang lebih sedikit. Hindari kebiasaan ini jika ingin segera memiliki tubuh yang lebih gemuk.
4. Konsumsi jus dan makanan sehat
Konsumsi jus buah sangat baik untuk kesehatan. Buah seperti alpokat memiliki kandungan lemak yang baik dan kadar serat tinggi sehingga baik untuk menambah berat badan.
5. Olahraga yang Rajin dan Teratur
Olahraga adalah kunci kesuksesan menambah berat badan. Dengan olahraga teratur dapat menambah massa otot sehingga tubuh lebih berisi.
6. Tidur dan istirahat yang cukup
Istirahat dan tidur yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Tidur dapat memberi waktu tubuh anda untuk rileks dan beristirahat.

Itulah sedikit pembahasan mengenai tips dan cara menambah berat badan secara alami serta ilmiah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment