Berapa Biaya Hidup/Gaji Minimal Untuk Berkeluarga?

http://img.bisnis.com/posts/2014/09/09/256065/harganas-logo-kb1-bpmkbkotatengerangblogspotcom--.jpg
 Menikah adalah salah satu moment terindah bagi kebanyakan orang.Hidup bersama dengan orang yang dicintai memberikan pengalaman baru yang menyenangkan.Hal itullah yang membuat banyak orang ingin segera menikah saat sudah cukup umur.

Namun tidak hanya perlu keinginan faktor ekonomi juga perlu diperhatikan.Berikut ini daftar biaya pengeluaran dasar untuk hidup berkeluarga .Biaya dibawah ini berdasarkan hidup yang sederhana, tidak bermewah-mewahan.


1. Makan
Dengan asumsi sekali makan adalah Rp. 5.000. Maka makan 3x sehari,kali 2 orang kali 30 hari adalah : Rp. 900.000. Jadi dalam sebulan harus ada sekitar Rp. 900.000 uang untuk makan.

2. Kontrakan
Dengan asumsi masih tinggal di rumah kontrakan/belum punya rumah sendiri dan tidak tinggal di rumah orangtua/mertua,maka harus ada dana sewa rumah.Untuk biaya kontrakan biasanya sekitar Rp. 500.000/bulan untuk rumah yang sederhana.

3. Listrik dan Air
Dengan asumsi daya listrik 900 watt ,biaya listrik untuk kebutuhan standart/biasa sekitar Rp. 100.000/bulan.

4. Transportasi
Dengan asumsi naik motor ke kantor,BBM belum naik dan Anda pintar menghemat BBM, maka untuk ongkos bensin dan servis adalah Rp. 100.000/bulan


5. Keperluan Sehari Hari
Seperti sabun,pasta gigi,shampoo,deterjen dll dsb dengan asumsi bisa sehemat mungkin,maka alokasi dana untuk ini sebesar Rp.100.000.



6. Kesehatan
Seperti minyak kayu putih,vitamin, obat pusing dan lainnya dengan asumsi tidak terkena sakit parah,maka alokasi cadangan untuk kesehatan sebesar Rp. 50.000/bulan




7.Konsumsi selain makanan utama
Tentu saja selain makan nasi pasti ada konsumsi yang lain semisal teh,kopi,susu,roti dan lain-lain.Maka alokasi dananya sekitar Rp 200.000/bulan



Kesimpulannya biaya hidup dasar untuk hidup berkeluarga sebesar Rp. 1.950.000/ bulan.Jika ditanggung satu orang berarti harus punya gaji minimal 2 juta /bulan dan jika ditanggung 2 orang,minimal 1 juta/bulan per orang .Biaya diatas adalah  biaya hidup sederhana,dan mungkin membuat kurang nyaman untuk dijalani.Paling tidak biaya diatas memberi gambaran biaya hidup berkeluarga agar Anda bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.Apalagi jika sudah memiliki anak , biaya bisa menjadi 2 kali lipat.

Finance Infoguna

ReflektorMagz

No comments:

Post a Comment