10 Penyebab Sariawan Yang Jarang Diketahui

http://sariawan.org/wp-content/uploads/2012/07/sariawan-2.jpg
Sariawan adalah salah satu penyakit paling umu dialami manusia.Nyaris tidak ada orang yang belum pernah mengalami sariawan.Untungnya sariawan bukanlah penyakit berbahaya.Walau begitu efeknya sangat mengganggu.Sariawan bisa menimbulkan rasa sakit karena kulit dalam mulut atau lidah terdapat luka.Penderita sariawan menjadi terganggu saat makan dan minum.

Penyebab sariawan ada bermacam-macam.Mulai dari faktor eksternal ataupun internal.Kebiasaan buruk juga bisa menyebabkan sariawan.Berikut ini 12 Penyebab Sariawan Yang Jarang Diketahui

1.Jenis pasta gigi atau obat kumur
Hati-hati juga pasta gigi membuat busa yang sangat banyak siapa tahu mengandung sodium lauryl sulphate (SLS).Menurut penelitian sodium lauryl sulphate (SLS) meningkatkan resiko sariawan karena membuat mulut cepat kering dan mudah iritasi.

2.Tergigit
Lidah atau kulit mulut yang tergigit juga bisa menimbulkan sariawan.Behel juga sering kali membuat sariawan diawal pemakaian karena menggesek kulit rongga mulut. Disarankan menjaga kebersihan mulut dengan lebih ekstra,agar bakteri tidak berkembang diluka hasil tergigit atau tergesek.

3.Keturunan
Sariawan ternyata juga bisa faktor keturunan.Penyakit sariawa keturunan disebut juga
SAR (Stomatitis Aftosa Rekuren) . Penyakit ini membuat penderitanya sangat mudah sariawan dibanding orang lain.

4.Gangguan kekebalan tubuh

5.Alergi
Beberapa orang bisa alaergi terhadap zat tertentu seperti  dalam pasta gigi, obat kumur, lipstik, permen karet, bahan gigi palsu atau bahan tambalan, serta bahan makanan.Hal itu juga bisa membuat sariawan.

6. Stres
Jika pikiran terganggu sistem kerja tubuh juga akan terganggu

7.Kurang nutrisi terutama vitamin

8.Hormon
Pada wanita fase menstruasi memberika banyak efek.Bukan hanya mood tapi ke fisik juga Ada perempuan yang jerawatan menjelang menstruasi .Ada juga yang mengalami sariawan menjelang menstruasi.

9.Rokok
Rokok memang memberikan efek buruk bagi kesehatan ,tidak terkecuali kesehatan mulut.

10. Infeksi bakteri
Jika kalian jarang membersihkan rongga mulut bisa membuat bakteri menginfeksi mulut kalian dan membuat luka alias sariawan.Jadi sering-sering membersihkan rongga mulut terutama gosok gigi.





ReflektorMagz

No comments:

Post a Comment