Apa Perbedaan Bagi Hasil Dengan Bunga / Riba ?

http://lh4.ggpht.com/-h7EhB7LXT-s/T_5fnYsYy5I/AAAAAAAACbU/8hU9HZilD2E/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sekarang lagi trend munculnya bank syariah.Bank-bank banyak membuka "kembaran" dengan sistem syariah misalnya BRI Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah dan lainnya.Hal itu untuk menjawab kebutuhan masyarakat Muslim yang ingin memakai jasa bank tapi takut dengan riba yang sangat dilarang agama Islam.Selain itu banyak ahli ekonomi yang menganggap Bank Syariah lebih tahan krisis yang membuat perusahaan perbankan tertarik membuat bank syariah.

Salah satu perbedaan utama adalah bagi hasil di bank syariah dan bunga di bank konvensional.Sebenarnya apa perbedaan bagi hasil dan bunga  yang termasuk riba.

Bagi hasil

Bagi hasil adalah keuntungan dari hasil perjanjian berupa persentase keuntungan.Contoh: Seorang pengusaha ingin membuka bisnis peternakan sapi.Dia meminjam ke bank syariah.Dia membuat perjanjian dia akan mengembalikan uang pinjaman ditambah 50% hasil keuntungan ke bank syariah.Bank syariah akan mengambil keuntungan dan membagi sebagian ke nasabah/orang yang menyimpan uang di bank.

Bunga

Bunga adalah keuntungan tergantung dari jumlah modal awal. Misal seorang pedagang meminjam ke bank.Sesuai kebijakan bank dia harus mengembalikan uang ditambah 5% dari uang yang dipinjam. Jadi misalnya dia meminjam 10juta berarti dia harus mengembalikan 10juta+500ribu.Bank akan mengambil keuntungan dan sebagian dibagi ke nasabah .Jadi nasabah juga kecipratan uang bunga yang dalam Islam juga termasuk riba.Hal itu yang mengakibatkan banyak umat Islam yang lebih suka menyimpan di bank syariah.

Finance Infoguna

ReflektorMagz

No comments:

Post a Comment