Sejarah Singkat Perjalanan Facebook Menuju Sukses

Sang pembuat facebook (foto dari Wikipedia)
Siapa yang tidak tahu tentang facebook ? ya benar sekali facebook adalah sebuah jejaring sosial yang di buat pada tahun 2004, dan dioperasikan oleh Facebook, Inc Pada September 2012, facebook memilike lebih dari dari 1 miliar pengguna yang aktif. Saat ini facebook menepati peringkat ke dua alexa.



Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

 Awalnya Facebookmembuat jejaring Facemash.Untuk melengkapi proyeknya itu dia bahkan meng-hack jaringan komputer Harvard.Walau membuat situsnya mulai dikunjungi orang tentu saja dia mendapat hukuman dari Harvard karena tindakan hackingnya.Situsnya ditutup oleh server Harvard dan dia terancam dikeluarkan namun akhirnya dia tidak dikeluarkan.


Zuckerberg akhirnya membuat Thefacebook.com.Enam hari setelah peluncuran tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra menuduh Zuckerberg mencurangi mereka.Mereka berkata Zuckerberg awalnya berjanji  ingin membantu mereka membuat HarvardConnection.com tapi  dia malah mencuri ide mereka dan membuat Thefacebook.com.Namun akhirnya masalah ini dapat diselesaikan.Thefacebook.com lalu diubah menjadi Facebook.com

Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.  Facebook ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa SMA, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun boleh menggunakan facebook. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, dan terbasuk melanggar ketentuan facebook.




Indonesia termasuk negara dengan pengguna facebook terbanyak di dunia, Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan 24 juta pengguna
 

No comments:

Post a Comment