Bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang?

cara memutihkan gigi - exnim.com
Gigi berlubang adalah masalah yang umum di Indonesia bahkan di negera-negara lain.Lubang di gigi jika semakin besar akan menimbulkan penyakit.Saat lubang di gigi sudah menjapai kedalaman tertentu dan sisa makanan mengendap itu akan menimbulkan infeksi,dan tidak jarang membuat bengkak.Penyakit gigi berlubang termasuk penyakit yang paling menyiksa.

Sebenanrya ada cara-cara mencegah gigi berlubang.Tentu saja cara-cara tersebut harus dilakukan rutin dan lebih baik juga jika menjadi kebiasan.


1.Sikat gigi minimal dua kali sehari
Sikat gigi yang penting adalah saat sebelum tidur dan pagi hari.Saat sebelum tidur kita sikat gigi, kita bisa mencegah proses pelubangan gigi oleh kuman yang terjadi berjam-jam saat tidur.Saat pagi hari sebaiknya kita sikat gigi setelah sarapan,karena selama kita beraktivitas gigi kita akan bersih dan menghindar kuman menyebabkan gigi berlubang.

2.Gosok gigi setelah makan
Setelah makan kita juga dianjurkan gosok gigi.Gosok gigi setelah makan bisa menghilangkan sisa sisa makanan yang menempel di gigi.Sisa makana  jika tidak dihilangkan bisa diproses oleh kuman dan berubah menjadi asam.Asam ini yang membuat gigi berlubang.Tapi ada yang harus diingat sebaiknya sikat gigi setengah jam setelah makan, karena sehabis disikat email (pelindung gigi) akan sedikit terkikis,padahal setelah makan otomatis mulut juga menghasilkan asam.

3.Benang gigi 
Benang gigi untuk memastikan sela-sela gigi tetap bersih.Selain mencegah gigi berlubang dari samping juga menghindari garis noda kuning ataupun karang gigi yang bisa ada di sela gigi.

4.Makan minum sehat
Walaupun gigi tidak bisa memperbaiki diri sendiri tapi kita bisa mencegah lubang gigi dari dalam tubuh.Dengan mengonsumsi banyak kalsium,diharapkan gigi tidak mudah keropos dan berlubang.Hindari juga minum soda karena bisa mengikis pelindung gigi.Hindari juga makanan yang menempel ,seperti permen karamel,karena jika tidak ketahuan lalu tidak dibersihkan ,akan membuat kerusakan di gigi.

5.Cek gigi 
Sering-seringlah cek kesehatan gigi.Jika dirumah sering-sering melihat gigi lewat cermin.Pastikan tidak ada sisa makanan ataupun lubang kecil yang bisa saja membesar.Untuk lebih memastikan bisa kalian pergi ke dokter didi

No comments:

Post a Comment