iOptik,Lensa Kontak Super Canggih Pesaing Kacamata Google

lensa iOptik
Bentuk iOptik (Foto dari innovega-inc.com)

Setahun belakangan di tahun 2013 kemarin sedang heboh tentang kemunculan kacamata canggih.Kacamata tersebut di keluarkan oleh pihak perusahaan Google.Di kacamata itu terdapat layar ,kamera, perangkat  audio dan lain-lain .Namun ternyata kacamat canggih Google akan mendapat saingan karena di tahun 2014 ini malah akan lensa kontak canggih milik perusahaan Innovega.

Lensa kontak yang dinamakan iOptik ini ini memang canggih. Melalui lensanya kita bisa melakukan berbagai hal seperti melihat arah jalan,melihat video ,dan mendapat data digital.Menurut CEO innovega dengan menggunakan lensa ini rasanya akan seperti menonton televisi 240 inchi pada jarak 3 meter.Sistem pengontrolan lensa ini menggunakan kendali smartphone.Perusahaan Innovega mengatakan lensa ini tak jauh beda dari kacamata canggih namun tentu lensa kontak lebih rumit.



Namun ada lagi fitur utama dari lensa kontak ini yaitu meningkatkan penghilatan manusia biasa.Jika manusia biasa tidak bisa melihat terlalu dekat,lensa kontak ini bisa disesuaikan.Setelah melalui penyesuaian tersebut cahaya akan diteruskan ke mata kita Dengan adanya fitur ini pengguna bisa melihat benda kecil dengan jarak sangat dekat tanpa mata terasa sakit.

konsep penglihatan jarak dekat dari iOptik


 Awalnya alat ini dibuat untuk keperluan militer.Bahkan penelitian dan pembuatan teknolodi ini dibiayai oleh DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) badan penelitian untuk keperluan pertahanan milik Amerika Serikat. Lensa kontak ini mungkin tidak dapat dipasarkan dalam waktu dekat karena harus memproses izin beredar.Kemungkinan lensa kontak canggih ini akan muncul di akhir tahun 2014 atau di awal tahun 2015.

Hanya sedikit informasi sebenarnya Microsoft dan Univeristas Washington juga berusaha mengembangkan lensa semcam ini sejak 2012.Mereka membuat lensa yang mampu menerima sinyal data dan memberikan informasi pada otak melalui saraf mata.Wow bagaimana ya dengan Indonesia?.


No comments:

Post a Comment