Kapan Keju Pertama Kali Dibuat Manusia?


Keju salah satu makanan yang cukup familiar.Makanan yang berbahan dasar susu sapi ini memang telah dijadikan bahan makanan dengan berbagai pengolahan dan penyajian.Ada yang digunakan untuk parutan diatas kue, ada yang dibuat lelehan. Namun sebenarnya kapan manusia mulai mengnal keju?

Meski beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui asal mula keju,tapi belum ditemukan bukti forensik sejarahnya.Namun sekarang  ilmuwan Polandia memberi kesimpulan bahwa keju sudah dibuat 7500 tahun silam.Bagaimana mereka tahu?

 Para ilmuwan melakukan analisis kimia terhadap potongan 34 saringan tembikar.Tujuannya adalah untuk mengetahui kegunaan saringan tersebut.Dan dugaan pertama mengarah bahwa saringan tersebut untuk membuat keju.

Richard Evershed dari University of Bristol dan rekannya menemukan pecahan residu susu dalam jumlah banyak pada tembikar tersebut. Hal itu mengindikasikan bahwa tembikar tersebut adalah salah satu alat pembuatan keju zaman dahulu.Saringan tembikar tersebut sebagai pemisah dadih lemak dari cairan susu.Hal itu biasa menjadi tahap pembuatan keju mentah.

“Hampir tidak terbayangkan, bahwa residu susu berlemak di saringan tersebut datang dari sesuatu selain keju”, kata Paul Kindsted,Profesor ilmu nutrisi dan makanan Universitas Vermont yang juga penulis buku “Cheese and Culture”.

Banyak ahli menduga di Turki keju sudah dibuat 2000 tahun lebih awal dari di Polandia.Hal itu berarti keju sudah dibuat 9500 tahun yang lalu .Namun belum ada bukti yang cukup.Penemuan pembuatan keju tersebut menunjukkan perkembangan besar masyarakat mada masa Neolitikum.

No comments:

Post a Comment