Biografi Chairul Tanjung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia ke-14


Chairul Tanjung, pengusaha asal Indonesia, yang menjabat sbegaai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014. Beliau dikenal sebagai usahawan sukses bersama perusahaan yang beliau pimpin, Para Group.

Chairul Tanjung dilahirkan di Jakarta, 16 Juni 1962. Beliau termasuk keturunan Suku Batak Mandailing. Ini bisa dilihat dari nama marganya, yaitu “Tanjung”.

Chairul Tanjung memulai bisnis ketika masih kuliah di Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia (UI). Meskipun sempat jatuh bangun, tapi akhirnya beliau sukses membangun bisnisnya. Hal ini bisa dilihat dari perusahaannya, Para Group, yang menjadi sebuah perusahaan bisnis dengan membawahi beberapa perusahaan lain seperti Trans TV dan Bank Mega.

Semua keberhasilannya itu juga didukung oleh keluarganya yang cukup berada. Ayahnya, A.G. Tanjung, adalah wartawan zama orde lama (orla) yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil. Ayahnya berasal dari Tapanuli Tengah. Sedangkan ibunya, Halimah, berdarah Sunda berasal dari Cibadak, Sukabumi.

Dan, pada 1 Desember 2011, Chairul Tanjung meresmikan perubahan nama Para Group menjadi CT Corp. yang terdiri dari tiga perusahaan sub holding yaitu Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, sumber daya alam, dan hiburan.

Chairul Tanjung memiliki sebuah pemikiran bahwa dalam membangun bisnis, mengembangkan jaringan (network) adalah penting. Memiliki partner dengan baik juga diperlukan. Selain itu, bukan hanya membangun relasi dengan perusahaan ternama, tapi juga dengan perusahaan yang belum terkenal sekalipun. Bagi Chairul, pertemanan yang baik akan membantu proses berkembang bisnis yang dikerjakan. Ketika bisnis pada kondisi yang tidak bagus alias sepi pelanggan, maka jaringan bisa diandalkan. Bagi Chairul, bahkan berteman dengan petugas pengantar surat pun adalah penting.

Berkat perjuangannya yang begitu keras, pada 16 Mei 2014, Presiden SBY menunjuk Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) ini sebagai Menko Perekonomian. Sedangkan pelantikannya dilaksanakan pada Senin, 19 Mei 2014 di Istana Negara berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 2014.

Nama Asli                        : Chairul Tanjung
Julukan/Gelar                : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia ke-14
Tempat, tanggal lahir   : Jakarta, 16 Juni 1962
Wafat                                : -
Karya/Temuan               : Beberapa buku, salah satunya “Ganti Hati”
Bidang Yang Digeluti   : Perekonomian, Kesehatan
Nama Orangtua             : A.G. Tanjung dan Halimah
Nama Istri dan anak     : Anita Ratnasari Tanjung (Istri). Putri Indahsari dan Rahmat Dwiputra (Anak)

Baca lebih lengkap di sini!

No comments:

Post a Comment