Biografi Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Keenam


Susilo Bambang Yudhoyono yang sering dipanggil SBY adalah presiden Republik Indonesia yang keenam. Ada satu perbedaan di sini. SBY adalah presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat melalui Pemilu. Jadi, bisa dibilang bahwa pemilihan SBY adalah pemilihan presiden paling demokratis dibandingkan dengan sebelumnya yang selalu dipilih oleh MPR.

SBY, lulusan terbaik AKABRI (1973) dan suami Kristiani Herawati ini, lahir di Pacitan Jawa Timur pada 9 September 1949. SBY dilahirkan sebagai anak tunggal dari pasangan R.Soekotjo dan Sitti Habibah. Beliau mewarisi darah prajurit dari ayahnya yang merupakan pensiunan Letnan Satu. Sementara ibunya adalah putri seorang pendiri Pondok Pesantren Tremas.

SBY menikah dengan Kristiani Herawati dan dikaruniai dua orang putra yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Beliau masuk Akabri di Magelang pada tahun 1970. Semasa pendidikan, beliau mendapat julukan Jerapah.Beliau sangat menonjol dan terbukti, beliau meraih predikat lulusan terbaik Akabri 1973 dengan menerima penghargaan lencana Adhi Maksaya.

Perjalanannya di bidang militer terus berlanjut, hingga pada 27 Januari 2000 beliau memutuskan pensiun lebih dini dari militer dan beralih ke dunia politik dengan dipercaya sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid. Kemudian pada 10 Agustus 2001, Presiden Megawati mempercayai dan melantiknya menjadi Menko Polkan Kabinet Gotong-Royong. Tapi pada 11 Maret 2004 beliau mengundurkan diri. Dan akhirnya pada pemilu Presiden langsung putaran kedua 20 September 2004 SBY dan pasangannya Jusuf Kalla meraih kepercayaan dari rakyat Indonesia untuk menjadi Presiden Keenam Indonesia.  Beliau dilantik pada 20 Oktober 2004.

Nama Asli                        : Soesilo Bambang Yudhoyono
Julukan/Gelar                : Presiden Keenam Indonesia
Tempat, tanggal lahir   : Pacitan (Jawa Timur), 9 September 1949
Wafat                                : -
Karya/Temuan               : -
Bidang Yang Digeluti   : Politik, Militer
Nama Orangtua             : R.Soekotjo dan Sitti Habibah
Nama Istri dan anak     : Kristiani Herawati  (Istri) .Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Anak)
Baca lebih lengkap di sini!

004.r antik k BYgan dan energi emokrat

No comments:

Post a Comment