Tips Bagaimana Bisa Kuat Puasa


Di Bulan Ramadhan ,puasa adalah ibadah wajib dilakukan oleh umat Islam.Puasa secara istilah artinya tidak makan dan tidak minum.Dalam Islam puasa tersebut dilakukan dari waktu subuh sampai waktu maghrib yaitu saat terbenamnya matahari.Ibadah puasa adalah ibadah yang memiliki banyak manfaat.Selain pahala puasa ternyata juga bagus untuk kesehatan karena membantu mengurangi zat racun dalam tubuh.

Namun ibadah puasa termasuk ibadah yang berat bagi sebagian orang.Beratnya puasa lebih disebabkan salah "strategi" dalam menjalankan puasa.Banyak kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan namun malah dilakukan.Sehingga  ibadah puasa dirasakan berat.

Berikut ini yips agar bisa kuat menjalankan puasa


1.Sahurlah makan yang banyak mengandung karbohidrat

Karbohidrat adalah zat dalam makanan yang berfungsi membentuk energi.Sahur adalah waktu kita mengumpulkan bekal energi dengan cara makan.Saat sahur usahakan banyak makan makanan berkarbohidrat tinggi misal nasi,singkong kentang dan lainnya.


2.Akhirkan Waktu Sahur

Kesalahan yang kadang dilakukan sebagian orang adalah sahur terlalu malam.Biasanya hal itu dilakukan karena ingin melakukan aktivitas lain misal menonton TV.Waktu sahur yang ideal adalah 30 menit sebelum imsak.Dengan begitu energi yang dihasilkan dari makanan bisa bertahan lebih lama.


3.Kurangi Aktivitas yang Menguras Energi

Agar bisa menghemat energi hindari aktivitas yang berat,misal olah raga berat dan kerja berat.

4.Jangan Terlalu Lama Tidur Siang

Tidur memang baik untuk menghemat energi namun jika terlalu lama badan malah terasa lemas.Selain itu tidur terlalu lama bisa juga menyebabkan pusing bagi sebagian orang.


5.Cari Aktivitas Ringan Yang Bisa Menghabiskan Waktu

Dengan tetap beraktivitas ,waktu terasa cepat berlalu.Kalian tidak akan sering--sering melihat jam,dengan begitu lamanya puasa tidak akan terasa.Carilah kegiatan misalnya tetap bekerja dan belajar atau kegiatan yang bersifat hiburan misalnya bermain catur,membaca,bermain komputer atau game.

6. Olahraga Pada Sore Hari Menjelang Buka

Walau berpuasa ,kebugaran tubuh tetap harus terjaga.Waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa adalah menjelang bwaktu buka.Olahrga seperti sepakbola,bulutangkis,basket dan lainnya bisa dilakukan pada waktu menjelang buka.

7/Segerakan Berbuka

Setelah datang waktu buka segeralah berbuka.Dengan begitu energi tubuh akan segera terganti.Diharapkan dengan segera berbuka tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit seperti maag.Pilihlah makanan yang manis karena gula lebih cepat diubah menjadi energi.






No comments:

Post a Comment