Biografi Megawati Soekarno Putri Presiden Kelima


Megawati Soekarno Putri adalah Presiden Kelima Republik Indonesia. Megawati lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Sebelum menjadi presiden, beliau merupakan Wakil Presiden Republik Indonesa yang ke-8. Sedangkan presidennya saat itu adalah Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Jika dilihat dari namanya, sudah terlihat jelas bahwa Megawati adalah putri dari Presiden pertama Indonesia. Yap, benar sekali. Beliau adalah putri sulung dari Ir. Soekarno dan Fatmawati. Megawati menikah dengan pilot Letnan Satu Penerbang TNI Angkatan Udara, Surendro dan dikaruniai dua orang anak laki-laki bernama Mohammad Prananda dan Mohammad rizki Pratama.

Namun, ketika anaknya masih kecil, suaminya hilang bersama pesawat militernya  ketika melaksanakan tugas militer pada tahun 1970 di kawasan Indonesia Timur. Sungguh merupakan derita tiada tara. Namun, setelah tiga tahun kemudian, Megawati menikah dengan seorang pria bernama Taufik Kiemas yang berasal dari Ogan Komiring Ulu, Palembang. Mereka dikaruniai seorang putri yang mereka beri nama Puan Maharani.

Untuk hal pendidikan, wanita bernama lengkap Dyah Permata Megawati Soekarnoputri ini memulai pendidikannya di SD, SMP, dan SMA yang ada di Perguruan Cikini, Jakarta. Kendati berasal dari keluarga politisi, Megawati tidak terbilang piawai dalam dunia politik. Bahkan sempat dipandang sebelah mata oleh kawan dan lawan politiknya.

Namun, Megawati tidak gencar. beliau tetap terjun ke dunia politik. Dan Megawati berhasil menjadi primadona dalam kampanye PDI karena berhasil mendongkrak suara PDI. Dan beliau berhasil terpilih sebagai anggota DPR/MPR. Pada tahun itu juga, Megawati terpilih sebagai Ketua DPC PDI Jakarta Pusat. Kemudian pada 1993 beliau terpilih menjadi Ketua Umum DPP PDI. Hal ini sangat mengagetkan pemerintah saat itu.

Perjalanan politik Megawati berjalan terus dan terus. Klimaksnya, pada 23 Juli 2001 beliau berhasil menjadi Presiden kelima Indonesia menggantikan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Megawati menjadi presiden hingga 20 Oktober 2003. Setelah masa jabatannya habis, beliau kembali mencalonkan diri, namun gagal.

Nama Asli                        : Dyah Permata Megawati Soekarnoputri
Julukan/Gelar                : Presiden Kelima Indonesia
Tempat, tanggal lahir   : Yogyakarta, 23 Januari 1947
Wafat                                : -
Karya/Temuan               : -
Bidang Yang Digeluti   : Politik
Nama Orangtua             : Ir. Soekarno
Nama Suami dan anak : Surendro (Suami pertama) dikaruniai dua orang anak laki-laki bernama Mohammad Prananda dan Mohammad rizki Pratama. Taufik Kiemas (Suami kedua) dikaruniai seorang putri bernama Puan Maharani.

Baca lebih lengkap di sini!

No comments:

Post a Comment