Daftar Kebenaran Al-Quran Berdasarkan Ilmu Pengetahuan Modern


Ilustrasi Big Bang

Di masa modern ini perkembangan ilmu pengetahuan sudah sangatlah maju.Banyak hal yang dulunya tidak diketahui manusia sekarang telah diketahui dan dimanfaatkan ilmunya.Hal tersebut tidak lepas dari usaha-usaha manusia untuk menemukan kebenaran sejati.


Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan muncul masalah.Terdapat ajaran agama tertentu yang tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan modern.Akibatnya banyak perselisihan mana yang benar dan harus diyakini.Jelas sulit membantah ilmu pengetahuan modern namun juga tidak mungkin menolak ajaran agama.Sehingga muncullah istilah "jangan menggabungkan ilmu pengetahuan dan agama"

Namun ternyata banyak hal yang ditemukan oleh ilmu pengetahuan modern sebenarnya telah ada dalam Al-quran yang diturunkan Allah 14 abad yang lalu.Sehingga semakin maju pengetahuan manusia ,semakin terbukti kebenaran Al-Qur'an.Berikut ini daftar kebenaran Al-Qur'an tentang alam

1.Teori Big Bang 
Teori Big Bang (ledakan besar) sekarang bukan hanya sekedar teori namun sudah sangat diyakini kebenarannya oleh kebanyakan ilmuwan.Bukti yang paling jelas adalah kenyataan bahwa alam semesta ini meluas.Jika alam semesta ini meluas pasti ada titik awalnya.Selain itu telah ditemukan sisa radiasi dari ledakan Big Bang.

Informasi tentang Big Bang sudah ada dalam Al-Qur'an surat Al-Anbiya ayat 30 :
“Dan apakah oarng-orang yang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman”

Kata langit dan bumi menunjukkan alam semesta.Langit adalah tempat bintang,planet,galaksi dan lainnya berada serta bumi planet tempat manusia tinggal.

2.Meluasnya langit
Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa langit itu meluas.Benda-benda di langit termasuk galaksi-galaksi menjauh satu sama lain.Hal tersebut menunjukkan langit menjadi semakin luas dari waktu ke waktu.

Hal ini sudah disampaikan Allah dalam Al-Quran dalam surat Adz-Dzariyat ayat 47 yang artinya:
“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya"

3.Keberadaan Air dan Kehidupan
Para ilmuwan memakai air untuk mengetahui kemungkinan adanya kehidupan disebuah planet.Jika suatu planet tidak memiliki air (yang berbentuk cair bukan es) mereka memastikan tidak ada kehidupan disana.Mereka yakin air adalah syarat utama kehidupan.

Ternyata keyakinan mereka sudah dijelaskan Allah dalam  surat Al-Anbiya ayat 30
“Dan apakah oarng-orang yang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman

4.Teori Pengapungan Benua (continental drift)
Dalam ilmu geografi ,awal mulai daratan di bumi adalah sebuah benua besar disebut Pangea. Seiring berjalannya waktu daratan tersebut terus bergerak membentuk bentuk daratan seperti sekarang.Jika kejadian tersebut dapat direkam dan dipercepat ,pergerakannya hampir sama dengan pergerakan awan,pelan tapi pasti.

Ternyata hal tersebut ada dalam Al-Qur'an surat An-Naml ayat 88
"Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia itu tetap ditempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan.(begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan."




Demikian sebagian bukti  dari kebenaran dalam Al-Qur'an terutama yang membahas tentang alam semesta.Sebenarnya masih banyak lagi bukti kebenaran Al-Qur'an.Mungkin akan disampaikan lain waktu.



No comments:

Post a Comment