Tips Untuk Mengurangi Efek Buruk Begadang

Begadang adalah melakukan kegiatan di malam hari dimana seharusnya itu adalah saat kita tidur.Tindakan itu hampir pasti pernah dilakukan oleh semua orang di dunia.Tuntutan pekerjaan adalah alasan utam kenapa seseorang begadang,namun terkadang mereka begadang hanya karena ingin menonton acaraTV seperti film ataupun sepakbola.

Begadang menurut ilmu kesehatan ternyata berdampak buruk bagi tubuh.Kerja tubuh terus dipacu padahal sebenarnya saat itu waktu istirahat.Akibatnya kerja  tubuh terganggu.Bahkan di media diberitakan bahwa ada orang-orang yang meninggal setelah ngotot begadang.

Walaupun begandang berefek buruk namun dalam beberapa keadaan kita harus tetap begadang.Nah berikut ini ada beberapa tips untuk setidaknya mengurangi efek buruk begadang.

1.Makanlah yang banyak
Makan adalah cara mendapat sumber energi bagi tubuh.Makanan diolah menjadi energi untuk menggerakkan kerja organ tubuh.Saat begadang tubuh tentu membutuhkan energi juga.Bahkan mungkin lebih banyak karena tubuh kita bekerja di waktu yang seharusnya untuk istirahat.Untuk itu banyaklah makan paling tidak siapkan cemilan.


2.Minum air putih yang banyak
Tubuh kita banyak  terdiri dari air yaitu sekitar 70 persen.Itu berarti air adalah komponen penting dari kerja tubuh.Saat tubuh beraktivitas saat begadang tentu akan menguras banyak cairan.Namun terkadang karena kita terlalu fokus dengan pekerjaan kita atau fokus dengan film kadang kita tidak merasakan haus.Maka minumlah banyak air.Dengan begitu diharapkan kerja tubuh menjadi lebih bagus dan menghindarkan dari rasa kantuk.


3.Jangan terlalu banyak minum kopi
Kopi sebagai teman saat begadang
Kopi adalah minuman yang nyaris tidak bisa dipisahkan dari begadang.Kopi mengandung kafein yang menghilangkan rasa kantuk.Kafein membuat kerja jantung meningkat dan darah lebih banyak dialirkan termasuk ke otak.Otak akan mendapat banyak suplai darah sehingga terhindar dari rasa kantuk.Namun banyak minum kopi akan berbahaya.Jantung yang dipacu terus menerus tentu tidak baik bagi tubuh.Selain itu kopi akan membuat ketergantungan misalnya saat siang hari tidak minum kopi badan akan lemas.


4.Jangan minum kopi sebelum makan
Nah ini yang kadang dilupakan.Kopi sebenarnya mengandung sifat asam di lambung.Jika lambung tidak diisi dengan makanan,kopi yang bersifat asam ini akan bersentuhan langsung dengan dinding lambung.Akibatnya perut akan terasa sakit.Daripada pekerjaan atau menonton film kalian terganggu lebih baik makanlah dulu sebelum minum kopi.



No comments:

Post a Comment