Kisah Perjuangan Pendiri Perusahaan Motor Honda






Di zaman yang sudah maju kini tentu kita sudah mengenal berbagai jenis motor,dari motor bebek motor "gede" dan lain-lain.Diantara berbagai jenis motor ada juga berbagai merknya.Merk motor yang terkenal seperti Suzuki, Yamaha dan yang tentu kita kenal yaitu Honda.

Honda menguasai pasar motor di Indonesia bahkan mereka menargetkan bisa menguasai hingga 75%.Penjualan motor jenis motor bebek menjadi andalan mereka.Honda ini adalah merk yang berasal dari Jepang.Nama merk tesebut diambil dari nama pendirinya yaitu Soichiro Honda.Siapa sangka dibalik kesuksesannya ada perjuangan tak kenal lelah dan putus asa di masa lalu.

Soichiro Honda saat kecil
Soichiro Honda llahir di  Hamamatsu, Shizuoka, Jepang pada 17 November 1906.Saat kecil dia sering membantu ayahnya yang memiliki usaha reparasi sepeda.Saat berumur 15 tahun dia akhirnya pindah ke Tokyo untuk mencari kerja,padahal saat itu dia tidak memiliki pendidikan forrmal.Dia mendapat kerja di bengkel bernama Art Shokai.Disana dia tidak langsung terjun ke dunia otomotif.Dia malah hanya menjadi cleaning service sekaligus pengasuh bayi sang pemilik bengkel.Namun akhirnya sang pemiliki mengetahui bakat Honda yang sebenarnya.Setelah dia bekerja disana hingga enam tahun,dia dipercaya untuk membuka cabang di kampung halamannya.

kecelakaan di lintasan balap mobil
Honda saat muda sangat menyukai dunia otomotif khususnya balapan.Bahkan dikatakan dia pernah membuat rekor kecepatan di 1936.Namun akibat kesukaannya itu dia pernah kecelakaan parah hingga beberapa tulangnya patah.Akhirnya dia dibujuk sang istri untuk tidak membalap lagi.Dia pun fokus ke usaha reparasi mobil miliknya.









Walaupun bengkelnya cukup sukses,Honda tidak langsung puas.Sifatnya itu yang membuatnya banyak memunculkan gagasan baru.Gagasan itu misalnya mengganti jari-jari roda yang saat itu dari kayu diganti dengan besi.Selain itu dia berusaha membuat ring piston yangsaat itu sulit didapat disana.Dia melakukan berbagai percobaan dan setelah memakan waktu tiga tahun dia berhasil mewujudkannya.Pada perang dunia dia menjadi penyuplai di industri militer.

Saat perang dunia usai dia mulai memikirkan gagasan baru.Dia kemudian menemukan ide untuk memberi mesin pada sepeda ,itulah cikal bakal sepeda motor yang kita kenal saat ini.Ternyata respon konsumen sangat bagus.Sepeda motor buatannya itu langsung cepat laku terjual.

 Menurut karyawannya ,Soichiro Honda termasuk bos yang keras.Bahkan tak jarang juga tindakan fisik terhadap karyawannya.Hanya dua pilihan bagi mereka ,pindah perusahaan atau mau belajar kepadanya.

Hanya dua tahun setelah perusahaan Soichiro Honda membuat mobil,dia langsung bisa terjun ke dunia Formula 1. Menjelang dia pensiun dia menyerahkan kepemimpinan perusahaanya kepada orang lain.Dan akhirnya pada tahun 1991 di  usia yang menginjak 84 tahun dia meninggal.Penyebab kematian tersebut  adalah penyakit liver yang dia derita.


No comments:

Post a Comment