Pembahasan Tentang "Kejanggalan" Pendaratan Di Bulan

Hampir semua orang sudah tahu bahawa orang yang mendarat di bulan untuk kali pertama adalah Neil Armstrong.Dengan Apollo 11 dia bersama teman satu timnya terbang dari bumi dengan fasilitas buatan NASA itu.Setelah sampai di bulan dialah yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan.

Itulah tadi sepenggal informasi tentang pendaratan di bulan .Namun ternyata cukup banyak juga yang meragukan.Hal itu dikarenakan ada beberapa orang yang mencoba memunculkan pendapat bahwa pendaratan di bulan adalah bohong.

Disini ReflektorMagz ingin menunjukkan bukti bahwa pendaratan di bulan benar-benar terjadi.Untuk itu kita akan membahas berbagai bantahan.

Mengapa di bulan bendera Amerika Serikat bisa berkibar? padahal tidak ada angin?



Kita mulai dari bantahan yang ini karena ini yang paling sering dikatakan.


Di bulan memang tidak ada angin,tapi bukan berarti di bulan bendera tidak bisa dikibarkan.Amerika Serikat sebagai negara yang meluncurkan misi ke bulan ini ternyata cukup "narsis".Mereka ternyata tidak membuat bendera dengan tiang tegak namun dengan bentuk L terbalik hanya agar bendera Amerika Serikat terlihat sempurna.Itulah sebabnya mengapa bendera tampak berkibar dan membentuk persegi panjang walau tanpa angin.

Mengapa bayang di foto tidak ke arah yang sama.Berarti itu bukan cahaya matahari melainkan lampu studio.
Arah bayangan batu dan Lunar Lander tidak sama

Yah yang ini mungkin sedikit membingungkan bagi orang awam.Menurut logika jika sumber cahaya hanya satu yaitu matahari,otomatis bayangan hanya mempunyai satu arah yaitu kebalikan letak matahari.

Namun ini bisa dijelaskan dengan mengetahui sudut pengambilan gambar. Jika gambar diambil dari atas memang seharusnya bayangan ke arah yang sama.Namun foto ini diambil dari sudut miring sehingga sudut bayangan tidak selalu  sama..

Untuk lebih jelasnya kita lihat contoh gambar ini.
Batang kayu yang diterangi matahari mempunyai bayangan ke arah berbeda


Kenapa tidak ada bintang-bintang jika itu di bulan ?

Jawaban dari pertanyaan ini cukup mudah apalagi bagi fotografer.Kita tahu bulan adalah penerang bagi bumi saat malam .Tentu kita juga bisa bayangkan betapa terangnya bulan itu.Jika dari bumi saja sudah seperti "lampu" di malam hari,bagaimana jika kita berada di bulan.Tentu akan sangat terang menyilaukan,dan jika di foto hanya terlihat warna putih.

Untuk itu orang yang ditugaskan untuk memfoto para astronot menggunakan tekhnik mengurangi cahaya,agar gambar para astronot dan lainnya bisa terfoto dengan bagus.Efek sampingnya bintang-bintang yang jaraknya jauh dan terlihat redup ,menjadi hilang sama sekali.


Nah begitu dulu ulasan RelektorMagz ,untuk pertanyaan silahkan tulis komentar.

No comments:

Post a Comment