Pertolongan Pertama Jika Kita Sendiri Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung.Hampir semua orang akan ngeri begitu mendengar istilah ini.Semua orang tidak ingin mengalaminya dan tidak ingin orang dekatnya mengalaminya.Gejalanya adalah sakit nyeri pada dada kiri,kadang terasa hingga pada lengan.
 
Serangan jantung adalah salah satu sebab kematian terbesar di bumi ini sekarang.Gangguan ini menyerang jantung,salah satu bagian terpenting dalam tubuh kita.Jika terkena,jantung tidak bisa memompa darah dengan normal,lalu kerja organ lainnya akan mulai berhenti karena kurangnya pasokan darah.Prosesnya yang cepatlah,membuat serangan jantung begitu mengerikan dan mematikan.

Sebenanrnya ada cara untuk menolong orang yang serangan jantung,termasuk saat kita sendiri lah yang terkena serangan jantung.Nah bagaimana caranya?

1.Usahakan jangan panik, berusahalah rileks walaupun tahu anda sedang dalam bahaya.

2.Ambil nafas yang dalam-dalam,lalu batuklah secara sengaja sekuat-kuatnya.Ibaratkan saja anda seperti sedang berusaha mengeluarkan sesuatu dari dalam.

3.Teruslah lakukan itu secara teratur hingga pertolongan tiba atau hingga denyut jantung kembali normal.

Tujuan memenarik napas yang dalam adalah menghirup sebanyak-banyaknya oksigen.Lalu tujuan batuk adalah untuk menstimulasi jantung agar kembali normal.Cara tersebut sama fungsinya seperti menekan dada orang lain yang sedang terkena serangan jantung.
 


No comments:

Post a Comment