Sejarah Ilmu Kimia:Jasa Islam Untuk Dunia

http://1.bp.blogspot.com/-itsXM1nc1a4/UQ6Q0FczJzI/AAAAAAAAAEI/mMrLz8S2v3w/s200/kimia+murni%2Cteknik+kimia%2Cpendidikan+kimia.gifTentunya kalian kenal dengan ilmu yang satu ini.Ilmu yang sudah diajarkan sejak SMP ini adalah salah satu ilmu penting di dunia.Namun bagai mana asal dari ilmu kimia ini ? apakah semuanya dari dunia barat yang kita kenal begitu maju teknologinya sekarang?

Kimia adalah ilmu yang hampir seluruhnya diciptakan oleh  peradaban Islam,” kata sejarawan Amerika Serikat, Will Durrant . Perkataan tadi bukannya tanpa dasar .Sejarah telah membuktikan Islam adalah yang pertama kali mengembangkan ilmu kimia.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ea/Geber.jpg
Jabir Ibnu Hayyan


Sebelum ilmuan islam,kimia kuno digunakan campur aduk dengan hal mistis,seperti untuk menemukan ramuan panjang umur. Namun setelah munculnya ilmuwan Islam ,Jabir Ibnu Hayyan (dunia barat menyebutnya Geber) ilmu kimia mulai dikembangkan oleh muslim. Jabir menumukan sekitar 20 macam alat kimia.Jabir ibnu Hayyan disebut-sebut sebagai salah satu "Bapak Ilmu Kimia".

Nama lain ilmuan Islam dalam ilmu kimia ialah Muhammad bin Zakaria ar-Razi (orang barat menyebutnya Rhazes).Dia menulis rincian berbagai proses kimia seperti kalsinasi,pelarutan,sublimasi,amalgamasi,cerasi dan lain-lain.Bahkan dia menulis cara mengubah minyak bumi menjadi minyak lampu bakar.

Lalu ada lagi nama yaitu Ibnu Sina (dunia barat menyebut Avicenna) yang juga dikenal dalam ilmu kedokteran.Dia menemukan cara mengekstrak esensi dari zat wangi atau minyak. Teknik ini digunakan dalam pembuatan parfum dan minuman.

Itulah sepenggal kisah sejarah kimia.Lambat laun dunia barat mulai belajar dari Islam dan pada akhirnya mereka bisa dibilang lebih maju dari negeri Islam sekarang

.

No comments:

Post a Comment