Kisah Sukses Kaskus Komunitas Online Indonesia Terbesar

Logo Kaskus.svgKaskus-screenshot.jpgBagi pegiat online pasti tahu dengan yang namanya Kaskus.Website yang memiliki jargon "Lagest Indonesian Community" ini adalah salah satu website paling terkenal di Indonesia.Data terakhir 2013 menunjukkan Kaskus menduduki peringkat 8 website paling sering dikunjungi di Indonesia.Namun dimanapun ada kesuksesan ada perjuangan dan seperti apa perjuangannya?


Kaskus diluncurkan pada 6 November 1999 oleh Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.Kaskus sebenarnya adalah singkatan dari kasak kusuk.Pada 6awalnya pendiri kaskus ingin membuat web portal berital berita.


Andrew Darwis, pendiri Kaskus indonesia.
Andrew Darwis
Modal yang dipakai awalnya sebesar $30.000 untuk membeli server.Andrew dan dua temannya mengisi websitenya dengan berita dan informasi.tentang indonesia.Tujuannya agar orang indonesia di luar negeri bisa mengetahui apa yang terjadi di Indonesia.


Tentu saja tetap ada masalah dalam perjuangan Andrew Darwis membesarkan Kaskus.semisal saat belum memiliki karyawan dia harus turun langsung saat sistem down.Selain itu kendala juga muncul  saat dia harus meyakinkan pada para klien pengiklan mengenai citra Kaskus.Dia bahkan harus berjuang menemui para klien pada awalnya.

Namun tidak sampai satu tahun,sudah banyak klien besar yang bekerjasama.Kini Kaskus berada di bawah PT Darta Media Indonesia.

No comments:

Post a Comment