Biografi Singkat Thomas Alva Edison

Dia adalah seorang penemu terkenal.Jumlah temuannya bukan hanya satu atau dua.Tanpa dia mungkin hidup kita sehari-hari takkan seperti ini.Dia adalah Thomas Alva Edison ,penemu yang tak kenal menyerah.

Nama besarnya sekarang tak lepas dari banyak sekali temuannya yang berguna bagi manusia.Namun siapa sangka dia banyak sekali mengalami cobaan dan rintangan.Lihat saja penemu yang cerdas dan kreatif ini keluar dari sekolah karena sering mendapat nilai jelek dan gurunya merasa tidak mampu.Mari kita simak perjalanan Edison di masa hidupnya.

Thomas Alva Edison lahir Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847.Setelah keluar dari sekolah,ibu Edison lah yang mengajarinya berbagai hal.Edison pun belajar dengan cepat.Edison pun mulai membaca buku ilmiah dan mulai melakukan percobaan sendiri.Waktu terus berjalan,saat Edison berumur 12 tahun dia meminta izin ke orang tuanya untuk berjualan koran,padahal orangtuanya termasuk orang kaya.Beberapa waktu kemudian dia belajar dan menjadi operator telegraf.

Pada tahun 1870 ,Edison malah mampu menyempurnakan mesin telegraf.Mesinnya dapat mengirimkan pesan dengan cepat dan lebih baik.Uang dihasilkan dari penemuannya bisa ia gunakan untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Di Menlo Park,dia mendirikan sebuah laboratorium ilmiah besar yang pertama di dunia.Disanalah dia bersama tim-timnya melakukan berbagai percobaan.Pada 1877 dia berhasil menemukan Gramofon,alat penyimpan suara pertama di dunia.Dia juga berhasil menemukan lampu pijar,sebuah penemuan yang paling terkenal darinya.Lalu dia menemukan proyektor untuk film pertama di dunia,walau pun hanya berukuran kecil.Sederet penemuan tadi hanya sebagian dari penemuannya.

Edison adalah salah satu penemu yang paling produktif menghasilkan hal-hal baru.Jika dihitung ada 1093 hak paten yang dipegang atas nama dirinya.


Kata-kata penuh semangat dari Thomas Alva Edison:

"Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras."

"Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan."

"Saya tidak patah semangat, karena setiap usaha yang salah adalah satu 
langkah maju. "










No comments:

Post a Comment