Tips Menyembuhkan Mata Rabun Jauh Secara Alami




Mata adalah salah satu hal paling penting bagi semua orang.Fungsinya untuk melihat membuat kita bisa menjalani hidup dengan lancar.Bayangkan jika mata kita tidak bisa melihat kita tentu tidak bisa menjalani berbagai aktivitas dengan normal.Itulah alasannya kita harus menjaga kesehatan mata seperti halnya menjaga keempat panca indera yang lainnya.

Salah satu masalah yang menyerang mata adalah mata minus alias rabun jauh.Mata minus adalah keadaan mata yang tidak bisa melihat benda jauh karena kita sering melihat jauh.Saat melihat jauh seharusnya lensa mata menipis namun tidak bisa karena lensa mata terlalu sering menebal saat melihat dekat.Seiring berjalannya zaman ternyata semakin banyak anak yang mengidap rabun jauh.Itu disebabkan munculnya berbagai gadget seperti handphone dan tablet.Mata anak dulu yang sering bermain di luar tentu lebih sehat dibanding yang sering melihat handphone.

Mata rabun jauh :titik bayangan benda berada di depan retina
Sebenarnya ada cara alami untuk mengurangi atau menyembuhkan mata minus.Logikanya jika kita merusak mata karena kebiasaan buruk kita juga bisa memperbaiki kembali dengan kebiasaan baik.Tentu saja kebiasaan ini harus dilakukan sesering mungkin agar mampu "menebus" kebiasaan buruk. Nah ini lah beberapa hal yang bisa kalian jadikan kebiasaan

1.Lepaskan kacamata saat tidak perlu digunakan
Kacamat memang membuat kita bisa melihat jelas namun sifatnya bukan menyembuhkan.Kacamat bisa dibilang membuat mata terlalu tergantung dan tidak sembuh.Lepaskan kacamat misalnya saat makan,santai,bermain atau menonton televisi santai semisal hanya menonton sinetron.Gunakan kacamata hanya saat benar-benar penting semisal melihat papan tulis di sekolah atau saat bekerja di kantor.

2.Sering melihat yang jauh
Kita tahu rabun jauh disebabkan seringnya kita melihat dekat.Maka kita bisa mengimbanginya dengan melakukan sebaliknya yaitu dengan melihat jauh.Tanpa kacamata kalian coba tatap sebuah benda yang jauh.Coba fokuskan hingga lebih jelas.

3.Senam mata
Cobalah baca sesuatu pada jarak terjauh yang kalian bisa.Misal di jarak 50 cm adalah batas maksimal terlihat jelas ,maka jauhkan 1 cm  dan cobalah memfokuskan.Lakukan itu rutin dan secara bertahap jauhkan lagi jaraknya.

4.Kurangi melihat layar handphone,TV dan lain-lain
Layar  tersebut tidak baik untuk kesehatan mata.Sinar yang dipancarkan membuat kerusakan lebih cepat dibanding membaca buka dengan jarak dekat.Terangnya cahaya menjadi salah satu alasannya.Selain mengurangi  durasi waktu,untuk mengurangi dampaknya kita bisa mengurangi terangnya layar di setting-an.


No comments:

Post a Comment