Apa Itu Angin Duduk serta Gejala dan Pencegahannya


Pernah kah kalian mendengar istilah angin duduk? Istilah angin duduk memang cukup dikenal  di tengah masyarakat.Angin duduk adalah sebuah penyakit yang dianggap mampu membunuh dalam waktu singkat.Hanya selang beberapa waktu munculnya beberapa gejala si penderita bisa saja meninggal.Namun apa sebenarnya angin duduk itu?

Angin duduk tidaklah seperti masuk angin walaupun memiliki kesamaan kata "angin" di dalamnya.Angin duduk juga bukanlah penyakit yang menyerang perut namun jantung.Dalam dunia medis angin duduk diberi nama angine pectoris yaitu sebuah penyakit jantung.Jika terkena penyakit ini jantung akan terasa sakit dan tertekan dan rasa sakit itu bisa terasa hingga 5-10 menit.Kadang juga disertai mual,pusing dan berkeringat dingin.

Angin duduk disebabkan kurangnya pasokan nutrisi dan zat yang dibutuhkan jantung.Akibatnya kerja jantung menjadi terganggu.Kekurangan suplai nutrisi bisa dikarenakan dua hal.Yang pertama adalah penyempitan pembuluh koroner yang berfungsi "memberi makan" jantung.Yang kedua adalah lonjakan kebutuhan oksigen dan nutrisi secara tiba-tiba misalnya begadang terus menerus,berolahraga tanpa pemanasan,mendaki gunung dingin tanpa latihan, bahkan stress pun juga bisa menyebabkan hal tersebut.




Cara terbaik mencegah penyakit angin duduk sama seperti mencegah penyakit janutng lainnya yaitu berpola hidup sehat.Olahragalah teratur dengan insensitas secukupnya.Jaga selalu kadar kolesterol dan tekanan darah.Hindari merokok dan minuman beralkohol.Selain itu kurangi juga begadang karena memperberat kerja jantung.

No comments:

Post a Comment