Tips Menjalani Puasa Agar Terasa Ringan dan Enak





Walaupun kita belum  memasuki bulan Ramadhan,namun tidak ada salahnya berbagi tips berpuasa.Arti puasa  secara umum adalah tidak minum dan makan Namun bukan karena puasa ,terus menganggu aktivitas secara signifikan. Dalam menjalani kesibukan keseharian saat puasa tentunya kita perlu "strategi" agar terasa enak ,senang, nyaman walau sedang berpuasa.

 Berikut ini tips agar enak berpuasa Ramadhan ataupun puasa Sunnah

1. Akhirkan sahur. Kita memang disunnahkan untuk mengakhirkan sahur,agar energi hasil dari makan   sahur kita bertahan lebih lama.Jangan karena ingin melihat acara TV lalu sahurnya jam 2.

2.Makan sahur tidak banyak-banyak . Tidak baik makan sampai berlebihan.Bukannya membuat puasa kita tahan lama namun membuat mengantuk.Hal itu karena perut butuh energi lebih mencerna makanan  dan energi itu diambil dari tubuh.Walau kita tidak merasa perut kita lelah tapi membuat tubuh kita letih dan mengantuk.Cukupkanlah saja karbohidrat,protein,vitamin dan mineral


3.Sikat gigi. Sehabis sahur sebaiknya kita sikat gigi.Mungkin ada yang ragu sikat gigi membatalkan atau tidak.Oleh karena itu langsung saja sikat gigi sebelum Adzan Subuh.

4.Jangan tidur lagi setelah shalat subuh.Banyak kegiatan ringan yang bisa kita lakukan.Tidur setelah subuh hanya "memanjakan" tubuh , padahal tubuh harus dilatih adapatsi dengan keadaan puasa.

 5.Kegiatan lakukan seperti biasa,asal jangan berat-berat.Dengan berkegiatan akan puasa akan terasa lebih cepat

6.Buka puasa segera,setelah adzan Maghrib berkumandang.Namun tidak perlu banyak -banyak,misalnya cukup segelas air (teh,jus,dan lain lain) dan sepiring nasi beserta lauk. Ingat masih ada ibadah yang tetap tidak boleh ditinggalkan jadi jangan makan kebanyakan yang malah bisa mengganggu.Setelah shalat Tarawih silahkan makan sesuai keinginannya dan boleh banyak.Hal itu bisa dijadikan antisipasi kalau-kalau lupa sahur.

No comments:

Post a Comment