Resep MarCha Cake


    Apa itu MarCha Cake?

    MarCha singkatan dari Margarine Macha Cake. Jadi di resep ini, Saya menggunakan lebih banyak Margarine dan teh hijau dari kebunnya.

Daun teh hijau biasanya langsung diproses setelah dipetik. Setelah daun mengalami oksidasi dalam jumlah minimal, proses oksidasi dihentikan dengan pemanasan (cara tradisional Jepang dengan menggunakan uap atau cara tradisional Tiongkok dengan menggongseng di atas wajan panas). Teh yang sudah dikeringkan bisa dijual dalam bentuk lembaran daun teh atau digulung rapat berbentuk seperti bola-bola kecil (teh yang disebut gun powder).

      Nah, pembuatan resep ini dimulai dari tugas sekolah yang diberikan oleh guru saya untuk membuat sesuatu dari sesuatu yang nampak sering kali kita pandang biasa. Seperti teh. Saya suka teh. Saya suka berbagai jenis teh. Tapi yang saya pakai di resep ini adalah teh hijau yang di ambil dari kebun tetangga saya di daerah gunung. Kebetulan, Mama saya dikasih satu bungkus teh hijau. Daripada hanya dikonsumsi dengan cara diseduh, saya berinisiatif untuk membuat cake dari teh hijau (Macha).

Berikut bahan yang saya gunakan:
225 gram butter
85 gram gula halus
4 butir telur
125 gram tepung terigu serbaguna
1 sdm matcha (daun teh hijau tadi saya hancurkan dan disaring)
1/2 sdt baking powder

Cara kerja                                            :
1.      Panaskan oven 340°F atau 180°C.
2.      Olesi loyang tulban dengan butter/margarine. Campur tepung terigu, matcha dan baking powder lalu ayak, sisihkan.
3.      Kocok dengan mixer, butter dan gula halus sampai mengembang dan lembut.
4.      Lalu masukkan telur satu per satu, tambahkan campuran tepung,matcha dan baking powder yang telah di ayak tadi sedikit demi sedikit, aduk pelan-pelan hingga rata.
5.      Tuang adonan ke dalam loyang, panggang sampai matang.
6.      Kue Cake Matcha/Teh Hijau siap dihidangkan.

Resep Cake teh dibuat dengan komposisi margarine yang lebih banyak daripada resep cake biasanya, membuat rasa cake ini terasa asin karena margarine, sedikit manis dan memiliki tekstur seperti brownies karena menggunakan baking soda yang saya tahu baking soda ini biasanya hanya untuk mengembangkan kue di adonan saja bukan untuk di oven. Dan juga yang paling menentukan juga adalah komposisi terigu yang lebih banyak daripada cake biasanya. Karena itu, Saya menemukan rasa yang unik di dalam cake ini.

No comments:

Post a Comment