Macam Zat Gizi di Makanan dan Apa Fungsinya




Setiap hari kita tidak bisa lepas dari yang namanya makanan.Sarapan,makan siang ,makan sore ,atau ngemil nyaris semuanya kita lakukan setiap hari.Makan adalah kegiatan sehari-hari makhluk hidup termasuk manusia.Setiap makhluk hidup makan untuk mendapat energi untuk beraktifitas walau cara makannya berbeda-beda tiap makhluk hidup.

Sebagai makhluk yang tidak bisa lepas dari makan kita seharusnya tahu tentang fungsi zat gizi yang terkandung dalam makanan yang kita makan setiap hari.Kebanyakan orang mungkin tidak peduli dengan gizi apa yang mereka makan yang penting terasa enak.Namun bagi yang peduli dengan kesehatan tentu ini menjadi penting.

Berikut macam-macam zat gizi dalam makanan beserta fungsinya.

Karbohidrat
Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi tubuh.Karbohidrat banyak terdapat di macam-macam makanan pokok seperti nasi,roti,jagung,singkong dan sebagainya.Karena fungsinya sangat penting maka usahakan jangan sampai kekurangan karbohidrat .

Lemak
Walaupun sering dianggap mengganggu jika terlalu berlebihan,namun lemak tetap memiliki manfaat untuk tubuh jika jumlahnya tidak melebihi batas.Manfaatnya antara lain sebagai cadangan energi,pelarut beberapa jenis vitamin,dan melindungi bagian tubuh tertentu.Selain itu juga melindungi dari suhu rendah.Itulah mengapa orang yang gemuk lebih tahan suhu dingin.

Mineral
Mineral adalah zat-zat yang bersifat non-organik.Contoh mineral yang dibutuhkan tubuh antara lain zat kapur (Ca), zat besi (Fe), zat fluor (F), natrium (Na) dan chlor (Cl), kalium (K) dan iodium (I) . Mineral memiliki fungsi masing-masing dalam tubuh,misalnya kalsium untuk pembentukan tulang.

Protein 
Protein bisa didapat dari hewan dan tumbuhan.Protein yang terdapat pada hewan disebut protein hewani sedangkan protein dalam tumbuhan disebut protein nabati.Protein sangat penting dalam tubuh.Fungsinya antara lain membangun sel-sel rusak dan sel-sel baru dalam tubuh,Itulah alasannya jika ingin memiliki otot yang bagus,selain olahraga juga harus banyak mengonsumsi protein.Selain itu fungsi protein lainnya adalah mengatur zat seperti enzim dan hormon serta menjadi sumber energi.

Vitamin-Vitamin
  • Vitamin A untuk pembentukan sel-sel epitel dan menguatkan kepekaan saraf mata.
    Vitamin B1 untuk proses metabolisme karbohidrat dan penyerapan lemak oleh usus
  • Vitamin B2 berfungsi dalam proses pemindaahan rangsang ke saraf mata dan berfungsi untuk proses oksidasi dalam sel
  • Vitamin B6 berperan dalam proses pembuatan sel darah dan proses pertumbuhan
  • Vitamin C berperan dalam proses pencernaan protein dan lemak, dalam proses dalam sel serta pembentukan trombosit.Selain itu bagus untuk daya tahan tubuh.
    Vitamin D mengatur kadar kapur dan fosfor,membantu penyerapan kapur dan fosfor di usus,bagus untuk pertumbuhan tulang
    Vitamin E mencegah pendarahan dan keguguran pada wanita hamil serta diperlukan saat pembelahan sel
  • Vitamin K berperan dlam pembentukan protrombin yang penting dalam proses pembentukan darah.

No comments:

Post a Comment