Biografi Singkat Perjalanan Karier Prabowo Subianto



Prabowo Subianto kini namanya sering menghiasi media di Indonesia.Televisi ,radio dan surat kabar memberitakannnya terus menerus akhir-akhir ini.Hal itu dikarenakan keputusannya untuk mencalonkan diri untuk menjadi presiden berpasangan dengan Hatta Rajasa sebagai cawapres.Prabowo menjadi lawan berat bagi rivalnya yaittu Joko Widodo.Prabowo dikenal tegas dan semangat naionalis yang selalu dia teriakkan.

Namun bagaimana masa lalu Prabowo? tentu rakyat Indonesia sebagai pemilih ingin mengetahui masa lalu dari Prabowo Subianto.Bagaimana latar belakang keluarganya,bagaimana kariernya,dan lain-lain.Untuk itu ReflektorMagz ingin berbagi info tentang biografi singkat dari Prabowo Subianto.

Prabowo memiliki nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo.Dia lahir pada 17 Oktober 1951.Ayahnya bernama Soemitro Djojohadikusumo yang merupakan tokoh ekonomi di Indonesia pada zamannya.Ibunya bernama Dora Marie Sigar.Dia memiliki dua kakak perempuan dan satu adik laki-laki.Adik laki-lakinya tersebut bernama Hashim Djojohadikusumo yang sekarang menjadi pengusaha bahkan sampai luar negeri.

Karier Militer
Prabowo saat muda
Prabowo masuk ke militer pada tahun 1970 dengann masuk ke Akademi Militeer Magelang.Saat itulah karier militernya dimulai.Dia lulus akademi pada tahun 1974 , satu tahun setelah Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat terjadi konflik di Timor Timur ,Prabowo ditugaskan untuk menjadi Komandan Pleton Grup I Para
Komando dalam Kopassandha (Komando Pasukan Sandhi Yudha) sebagai bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur.Hebatnya dia baru berumur 26 tahun saat itu dan menjadi yang termuda dalam operasi Tim Nanggala.Dia berhasil melakukan misinya ,yaittu memimpin penangkapan Nicolau dos Reis Lobato, wakil ketua Fretilin dan juga Perdana Menteri Timor Timur.

Tahun 1983 dia dipercaya menjadi Wakil Komandan Detasemen 81 Penanggulangan Teror (Gultor) Komando Pasukan Khusus (Kopassus).Dia kemudian mengikuti pendidikan militer Special Forces Officer Course di Fort Benning, Amerika Serikat.Setelah itu dia menjadi Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara. Tahun 1995 dia sudah bisa mendapat jabatan Komandan Kopassus,setahun setelah itu dia sudah menjadi Komandan Jendral Kopassus.

Misi-misis penting yang dilakukan Prabowo antara lain pembebasan 12 orang yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka.10 dari 12 sandera bisa diselamatkan nyawanya.Selain itu misi Prabowo yang terkenal adalah pengamanan pada kerusuhan tahun 1998.Dia yang diminta untuk melakukan pengamanan pada tempat-tempat penting salah satunya rumah dinas Wakil Presiden.Walaupun akhirnya dalam tugas itu muncul banyak kontroversi seperti isu pelanggaran HAM

Jabatan Militer Prabowo
Tahun Jabatan
1976   Komandan Peleton Para Komando Group-1 Kopassandha
1977   Komandan Kompi Para Komando Group-1 Kopassandha
1983-1985   Wakil Komandan Detasemen–81 Kopassus
1985-1987   Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad
1987-1991   Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad
1991-1993   Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kostrad
1993-1994   Komandan Group-3/Pusat Pendidikan Pasukan Khusus
1994   Wakil Komandan Komando Pasukan Khusus
1995-1996   Komandan Komando Pasukan Khusus
1996-1998   Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus
1998   Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat
1998   Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI

Karier Bisnis
Setelah karier militer yang terbilang sukses dia kini juga memiliki karier bisnis yang cemerlang.Tercatat dia memiliki 27 perusahaan di dalam dan luar negeri.

Karier Politik
Dan pada 2009 Prabowo memulai karier politik dengan mengikutsertakan Partai Gerindra dalam pemilu.Partai tersebut bisa masuk 10 besar pada pemilu tersebut.Pada pemiluu tahun 2014 ini Gerindra bisa mencapai peringkat tiga.Dengan pencapaian partainya tersebut dan kepopuleran dirinya ,dia mencalonkan diri menjadi presiden.

No comments:

Post a Comment