Tips Keselamatan Jika Terjadi Gempa Bumi

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20140125_123452_gempa25.jpg
Gempa adalah salah satu bencana yang sulit untuk diprediksi .Bahkan di zaman teknologi maju seperti sekarang ini ,ilmuwan masih tidak bisa memprediksinya.Oleh karena itu kita harus bersiap untuk menghadapinya.

Berikut ini tips keselamatan jika terjadi gempa bumi

Jika Sedang Naik Kendaaraan

Usahakan berhenti dan turun dari kendaaraan.Hal itu karena goyangan gempa bisa membahayakan jika kendaraan kita tetap berjalan.

Jika Sedang Diluar Ruangan

Jauhi bangunan dan gedung .Biasanya kaca atau genting bisa berjatuhan selama gempa. Waspada dan hindari juga retakan yang kadang muncul di tanah.

Jika di dalam ruangan tak bertingkat

Kalau posisi dekat dengan pintu keluar usahakan keluar segera sambil menghindari benda yang jatuh.Jika pintu keluar terasa jauh, bersembunyilah di bawah benda yang kokoh misal meja dengan kayu yang kuat ,kolong tempat tidur , dan lainnya.

Di  gedung bertingkat 

Jika kalian sedang di lantai 2 atau lebih ,usahakan untuk mencari tempat untuk bersembunyi dari benda yang jatuh.Jangan panik dan terburu-buru turun . Kadang cedera akibat kepanikan malah lebih parah dari efek gempanya. Kalau goncangan sudah reda segeralah turun ,namun perlu diingat hindari mamakai lift.Gempa mungkin sudah merusak lift ,dan beresiko macet.

Di pantai 

Sesaat setelah gempa selesai segeralah menjauhi pantai . Selain itu update lah informasi apakah gempa itu menimbulkan tsunami atau tidak.


No comments:

Post a Comment