Wow,Ini Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berhenti Merokok

Nyaris semua orang setuju bahwa rokok sangat merugikan.Secara ekonomi rokok membuang-buang uang.Secara lingkungan rokok termasuk polusi udara.Yang paling utama rokok burukuntuk kesehatan.Walaupun banyak ruginya namun banyak orang yang tidak mau berhenti merokok.Alasanya di sudah kecanduan bahkan tergantung pada rokok.Biasanya perokok berat jika berhenti merokok tiba-tiba mulutnya terasa pahit.

Dari segi kesehatan rokok memang banyak mengandung zat yang seharusnya tidak masuk dalam tubuh.Zat tersebut bisa meningkatkan resiko kanker karena bisa membuat sel bermutasi.Oleh karena itu para dokter sangat menganjurkan agar berhenti merokok bagi orang yang sudah terlanjur merokok.Bagi yang belum jangan coba-coba ,karena rokok meemberikan efek candu alias membuat ketagihan.

Berikut ini penelitian oleh CVS Health, dilansir melalui Huffington Post, tentang hal yang terjadi pada tubuh setelah berhenti merokok.


20-30 menit pertama
Tekanan darah dan denyut nadi menurun. Tangan dan kaki mulai terasa hangat.

8 Jam
Karbon monoksida di dalam darah menurun, sementara oksigen dalam tubuh meningkat.

48 jam
Indra perasa dan penciuman mulai membaik.

72 jam
Saluran pernapasan mulai terasa nyaman

2 minggu sampai 3 bulan
Sirkulasi, fungsi paru-paru, dan stamina meningkat.

1 hingga 9 bulan
Batuk dan sinus berkurang. Paru-paru mulai mampu membersihkan lendir dan mengurangi infeksi. Energi secara keseluruhan meningkat.

1 tahun
Risiko penyakit jantung menurun hingga 50 persen daripada perokok.

5 tahun
Risiko penyakit stroke sama dengan yang tidak merokok. Risiko penyakit kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan kandung kemih berkurang setengahnya.

10 tahun
Penyakit kanker paru-paru berkurang setengah daripada perokok. Risiko kanker pankreas sama dengan orang yang tidak merokok.

15 tahun
Risiko penyakit jantung sama dengan yang tidak merokok. Risiko kematian juga sama dengan yang tidak merokok.



ReflektorMagz

No comments:

Post a Comment