Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang

ReflektorMagz - Gigi berlubang adalah salah satu akar masalah. Masalah apa? Yupz, masalah sakit gigi. Untuk apa sih mencegah gigi berlubang? Jelas ada tujuannya. Pencegahan gigi berlubang adalah salah satu cara agar gigi kita tidak berlubang sehingga kita tidak akan merasakan sakit karena gigi berlubang. Gigi berlubang itu sakit lho. Serius...


Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh bakteri yang tinggal bahkan menetap di mulut. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan memilih bahan makanan yang baik.
Berikut ini adalah beberapa tips cara mencegah gigi berlubang.

1. Mengkonsumsi Keju
Produk susu seperti keju dapat meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah pembentukan lubang pada gigi. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan jurnal General Dentistry, peneliti memeriksa tingkat keasaman plak gigi pada 68 peserta berusia 12 - 15 tahun sebelum dan setelah mengkonsumsi keju, susu, dan yogurt tanpa gula.

2. Mengkonsumsi Apel
Wah, apel ya. Enak nih buahnya. ^_^. Apel bisa merangsang produksi liur yang bisa bermanfaat mengusir bakteri secara alami pada mulut anda.

3. Permen Karet Tanpa Gula
Permen karet yang bisa dikonsumsi bukanlah permen karet sembarangan. Permen karet yang baik untuk kesehatan mulut adalah permen yang mengandung xylitol. Xylitol adalah pemanis alami yang dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Xylitol sebagai pemanis alterative tentunya bisa sangat membanu menjaga dan mencegah gigi berlubang.

4. Susu
Seperti yang sudah disebutkan di nomor 1 bahwa produk dari susu bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut, susu sendiri juga bermanfaat meskipun tidak diolah. Susu bisa meningkatkan kadar asam pada mulut. Oleh karena itu mengonsumsi susu akan sangat penting bagi anda dalam merawat gigi agar tetap tidak berlubang.

5. Teh Hijau dan Teh Hitam
Konsumsi teh hijau ataupun teh hitam setelah makan makanan manis dapat mengurangi lubang pada gigi dengan mencegah penimbunan plak dan bakteri. Daun dari tanaman Camilla sinensis di dalam teh diketahui berkaitan dengan penurunan kerusakan gigi karena sifatnya dapat mencegah rongga. Tapi efeknya akan hilang jika dicampur dengan pemanis, susu, atau krim. 

Demikian beberapa tips cara mencegah gigi berlubang dengan menjaga kesehatan mulut. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment